DETAIL DOCUMENT
INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS X B MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA
Total View This Week7
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
KHUSNUL ISTIKHAROH, NIM. 08410242
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2014-03-10 04:51:49 
Abstract :
KHUSNUL ISTIKHAROH. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Kelas X B MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah: kegelisahan peneliti terhadap karakter bangsa yang sedang mengalami dekadensi moral, diantaranya adalah meningkatnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obatan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini sekolah khususnya pembelajaran Akidah Akhlak memiliki peran besar dalam penyadaran nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik. Dalam proses pendidikan di sekolah pendidikan karakter dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Dengan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran diharapkan agar terbentuk tatanan nilai dan norma-norma sosial keagamaan yang baik sekaligus menjawab aksi-aksi kekerasan dalam dunia pendidikan dan mampu memfilter siswa dari perilaku-perilaku negatif. Dalam hal ini MAN Pakem telah berusaha mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran, walaupun pada realisasinya masih terdapat nilai karakter/akhlak yang belum dapat diwujudkan dalam perilaku siswa-siswi MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang integrasi pendidikan karakter dalam mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas X B MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan melalui pola berpikir induktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi melalui dua modus yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan keadaan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter MAN Pakem Sleman Yogyakarta dilakukan dengan cara pengintegrasian dalam mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah. (2) Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak dapat dilihat baik dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, maupun tindak lanjut pembelajaran. Dan pengintegrasian pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak meliputi dalam tujuan, substansi materi, pendekatan, metode dan model evaluasi yang dikembangkan. (3) Faktor yang menghambat Pelaksanaan Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak adalah pengawasan guru yang belum maksimal, metode pembelajaran yang monoton, kesadaran dan motivasi dalam belajar, pengaruh teman atau pergaulan siswa dan faktor keluarga. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga