Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
KHAFIDHATUL KHASANAH, NIM. 08470003
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-24 04:07:07
Abstract :
Khafidhatul Khasanah. Konsep dan Implementasi Sekolah Berbasis Alam
di SD Alam SMART KIDS Dusun Pewarakan Bawang Banjarnegara Jawa
Tengah. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga. 2012.
Latar belakang penelitian, bahwa sistem pendidikan saat ini sudah tidak
lagi berorientasi pada pembentukan manusia Indonesia seutuhnya dan praktek
pendidikan membunuh banyak potensi peserta didik serta cenderung hanya
mengedepankan aspek kognitif saja. Hal inilah yang memicu munculnya sekolahsekolah
alternatif yang diyakini lebih memiliki mutu lebih baik dari pada
sekolah-sekolah seperti biasa. Salah satu sekolah alternatif yang terbilang baru
dan mulai diminati oleh masyarakat adalah sekolah berbasis alam. Sekolah Dasar
Alam SMART KIDS Dusun Pewarakan Bawang Banjarnegara Jawa Tengah
merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah alam yang telah didirikan di
berbagai daerah di Indonesia. Di SD Alam SMART KIDS menggunakan alam
sebagai media utama dalam pembelajaran peserta didiknya, sedangkan kurikulum
yang di pakai mengacu kepada KTSP.
Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.
Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Metode analisis data adalah induktif dengan langkah-langkah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana konsep, implementasi, faktor pendukung dan
penghambat sekolah berbasis alam di SD Alam SMART KIDS Dusun Pewarakan
Bawang Banjarnegara Jawa Tengah. Adapun populasi penelitian ini adalah
seluruh komponen sekolah dan sampel penelitian ini yaitu pendiri sekolah alam,
kepala sekolah, dan tenaga pendidik SD Alam SMART KIDS .
Adapun hasil penelitian ini adalah pertama, konsep Sekolah Berbasis
Alam di SD Alam SMART KIDS Dusun Pewarakan Bawang Banjarnegara Jawa
Tengah adalah menjadikan alam sebagai ruang belajar, dan alam dijadikan
sebagai media, objek dan bahan ajar. Dalam mewujudkan konsep sekolah alam,
maka SD Alam SMART KIDS menggunakan empat pilar proses pembelajaran
yaitu(1) pengembangan akhlak melalui teladan (Learning by Qudwah),
(2)pengembangan logika dan daya cipta melalui ekperiental
learning,(3)pengembangan kepemimpinan dengan metode outbound training,
(4)pengembangan kemampuan wirausaha. Kedua, implementasi Sekolah berbasis
alam terwujud dalam kurikulum yang meliputi: Tujuan, isi, proses pembelajaran,
media dan evaluasi. Ketiga, Faktor pendukung internal adalah situasi dan kondisi
lingkungan sekolah yang strategis,faktor pendukung eksternal adalah respon
positif dari masyarakat dan pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Faktor
penghambat internal adalah belum tersusunnya administrasi dengan baik, belum
lengkapnya sarana prasarana, peralatan, media pembelajaran dan belum
maksimalnya organic corporate farming.Faktor penghambat eksternal adalah
ketidaksiapan yayasan memberikan bantuan finansial untuk pembangunan
sekolah dan masih minimnya pemahaman masyarakat mengenai sekolah alam.