Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LIA SURYANTO, NIM. 08470103
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-27 02:33:25
Abstract :
LIA SURYANTO (08470103). Implementasi Kurikulum Berdiferensiasi
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas Akselerasi di SMPN
5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa implementasi kurikulum yang
diterapkan dalam program akselerasi selama ini masih banyak yang mereduksi
kurikulum reguler, hal tersebut tidak mencukupi dan tidak cocok untuk peserta
didik berbakat dan berkecerdasan istimewa. Kurikulum program akselerasi di
SMPN 5 Yogyakarta mengikuti pola pengembangan kurikulum diferensiasi.
Diferensiasi menjadi pembeda antara kurikulum program akselerasi dan program
reguler yang terletak pada berbagai modifikasi diantaranya adalah modifikasi
alokasi waktu, isi/materi, sarana-prasarana/lingkungan belajar, dan modifikasi
proses/pengelolaan kelas. Dengan begitu layanan terhadap peserta didik akselerasi
tidak hanya sebatas pada percepatan waktu belajar, namun juga
mempertimbangkan berbagai dimensi dengan menggunkan modifikasi tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMPN 5 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data
kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan verifikasi
data dengan membandingkan hasil observasi. Hasil wawancara digunakan untuk
membandingkan apa yang didapatkan dari dokumen sekolah dengan apa yang
didapatkan pada saat penelitian, membandingkan keadaan dan perspektif
seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang, dan membandingkan
hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) Desain kurikulum berdiferensiasi
mencakup latar belakang, tujuan, dasar pemikiran, SKL dan struktur kurikulum.
2) Langkah dalam implementasi kurikulum berdiferensiasi mata pelajaran PAI
dengan melakukan modifikasi pada 7 tahap penyusunan silabus : mengkaji SKKD
mata
pelajaran
PAI,
mengidentifikasi
materi
pokok
(isi
pembelajaran)
esensial,
mengembangkan
pengalaman
belajar,
merumuskan
indikator
keberhasilan
belajar,
penentuan
jenis
penilaian,
menentukan
alokasi
dan
modifikasi waktu yang tepat, menentukan sumber belajar. Kemudian Penyusunan
RPP yang meliputi satuan pendidikan, identitas mata pelajaran, kelas/study,SKKD,
indikator
pencapaian
kompetensi,
alokasi
waktu, tujuan,
materi,
metode
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, penilaian, dan saran kepala
sekolah, serta proses pembelajaran PAI berdiferensiasi. 3) Hasil implementasi
kurikulum berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI yaitu baik, dimana SMPN 5
memodifikasi struktur kurikulum program akselerasi, guru PAI memodifikasi
penyusunan silabus dan penyusunan RPP, pada proses pembelajaran terjadi
modifikasi. Modifikasi tersebut spesifik dan berbeda dengan program reguler.
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Berdiferensiasi Mata Pelajaran
PAI, Program Akselerasi, SMPN 5 Yogyakarta