Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
JAUHAROTUL MUNIROH, NIM. 08470090
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-24 04:01:02
Abstract :
Jauharotul Muniroh.?Implementasi Nilai-nilai Religiusitas Siswa di MA
YAPPI (Yayasan Pendidikan dan Penyiaran Islam) Gubukrubuh Gunungkidul
Yogyakarta (Studi Kasus atas Siswa kelas XI)? Skripsi. Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2012.
Latar belakang dalam penelitian ini bahwa nilai-nilai religiusitas sangatlah
penting bagi tumbuh kembang aktivitas siswa, dengan kemajuan kecanggihan
ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini, dengan
akses jaringan yang semakin mudah dan pergaulan bebas para siswa, ini akan
lebih cepat mempengaruhi cara berfikir, perilaku dan sikap siswa. Oleh karena itu
perlu diadakannya penerapan nilai-nilai religiusitas siswa sebagai alternatif untuk
mengatasi masalah-masalah yang ada di PAI, seperti arus globalisasi yang tidak
selalu positif, kenakalan remaja yang semakin meningkat, kemajuan IPTEK yang
semakin pesat, metode pembelajaran yang monoton atau materi yang disampaikan
kurang relevan dengan perkembangan zaman atau kehidupan sehari-hari. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai religiusitas yang dikembangkan dan
penerapan nilai religiusitas bagi siswa serta faktor-faktor pendukung dan
penghambat penerapan nilai-nilai religiusitas siswa kelas XI di MA YAPPI
Gubukrubuh.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dan metode yang
digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan tiga langkah
yaitu reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan (verification).
Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai religiusitas yang dikembangkan
MA YAPPI Gubukrubuh untuk membentuk pribadi siswa ada tiga, meliputi: a)
Nilai aqidah, meliputi nilai kejujuran, sikap tidak putus asa, kesabaran, adil. b)
Nilai syari?ah, meliputi nilai kedisiplinan, toleransi, bijaksana, ukhuwah
islamiyah, keperdulian sosial, syukur. c) Nilai akhlak, meliputi nilai amanah,
ikhlas, ketaqwaan, keimanan, rendah hati. Adapun Penerapan nilai-nilai
religiusitas siswa di MA YAPPI Gubukrubuk dapat melalui kegiatan dan dapat
diklasifikasikan menjadi tiga pendekatan: 1) Melalui KBM, penerapan nilai-nilai
religiusitas yang dilakukan melalui kurikulum yang telah ditetapkan dan dengan
menggunakan metode dan strategi yang bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan
materi yang diajarkan. 2) Program Kegiatan OSIS, penerapan nilai-nilai
religiusitas yang dilakukan melalui amal ubudiyah sehari-hari, baik yang secara
langsung berhubungan dengan Allah maupun tidak langsung seperti kultum,
infaq, shalat berjamaah, PHBI dan kegiatan pesantren kilat. 3) Ekstra kurikuler,
penerapan nilai-nilai religiusitas yang dilakukan dalam rangka mengembangkan
minat dan bakat siswa seperti hadroh, seni baca al-Qur?an. Faktor pendukung:
Guru sebagai motivator melainkan juga sebagai uswatun khazanah, fasilitas yang
memadai. Faktor penghambat meliputi latar belakang keluarga siswa, latar
belakang siswa yang bermacam-macam baik pengetahuan, pemahaman,
penghayatan tentang religiusitas, dan persediaan air.