Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LUTHFI QORIATUL HASANAH , NIM.08420106
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-07 09:28:05
Abstract :
Luthfi Qoriatul Hasanah. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Kelas
Mutawasitin Di Pusat Bahasa, Budaya Dan Agama Uin Sunan Kalijaga
Yogyakarta. Skripsi. Fakultas tarbiyah dan keguruan UIN sunan Kalijaga,
2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan strategi
pembelajaran yang diterapkan pada kelas menengah mutawassitin diPusat Bahasa,
Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta asumsi dasar yang
melandasi pemilihan strategi-strategi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat
membantu para pendidik untuk memilih dan menerapkan strategi yang tepat untuk
peserta didik mereka dalam pembelajaran bahasa arab.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, objek penelitian ini adalah
dosen yang mengajar di Pusat Bahasa pada kelas level menengah atau mutawassitin
sebanyak dua dosen dengan dua kelas, yakni kelas J dan Kelas M. Pengambilan data
dilakukan dengan (a) metode observasi (b) wawancara (c) dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan
dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Bedasarkan analisis terhadap data penelitian, strategi pembelajaran yang dipakai
di kelas mutawassitin adalah: (a)strategi aktif, (b)strategi komunikatif, dan (c)strategi
semantik, dan masuk dalam jenis strategi pembelajaran langsung yaitu pembelajaran
yang banyak diarahkan oleh guru dan strategi pembelajaran interaktif dimana
proses pembelajaran diisi dengan diskusi dan sharing antar peserta didik yang
dibentuk sebagai kelompok-kelompok.
Sedangkan asumsi dasar yang melandasi penggunaan strategi tersebut: (a)
Tujuan Bahasa adalah untuk berkomunikasi, (b) Belajar bahasa secara utuh,
(c)Bahasa Arab adalah Bahasa al Quran, (d) belajar bahasa harus sesuai dengan
latar belakang peserta didik
Kata Kunci: strategi pembelajaran, pembelajaran bahasa arab.