Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LUTHFIANA HASANATUL LAILY, NIM. 08480025
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-18 07:13:34
Abstract :
LUTHFIANA HASANATUL LAILY, Penggunaan Metode Active Learning
?Index Card Match? Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tirto Salam Magelang Tahun Ajaran
2011/2012. Skripsi. Yogyakata: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode
pembelajaran Index Card Match terhadap peningkatan prestasi belajar matematika
siswa kelas IV MIN Tirto tahun ajaran 2011/2012 pada materi Bilangan Romawi.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV MIN Tirto yang berjumlah
28 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui pre-test dan post-test,
lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data prestasi
menggunakan selisih antara rerata post-test siklus I dan post-test siklus II.
Sedangkan untuk analisis presentase ketuntasan belajar menggunakan analisis
deskriptif teknik presentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran
Index Card Match dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan
adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes
prestasi belajar siswa pada pra-tindakan, post-test siklus I, dan post-test siklus II,
mengalami peningkatan. Rata-rata 60,36 pada pra-tindakan meningkat menjadi
77,36 pada siklus akhir, dengan peningkatan rata-rata sebesar 17, dan termasuk
kategori hasil belajar baik. Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan belajar siswa
dilihat dari ketuntasan belajar pra-tindakan 35,71% meningkat menjadi 89,29%
pada siklus akhir dan termasuk dalam kategori ketuntasan belajar baik.