Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
IPANG PURNAMASARI, NIM. 08480017
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-18 02:34:38
Abstract :
IPANG PURNAMASARI, Penerapan Strategi Information Search Sebagai Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial di MIN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi.
Yogyakata: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya nilai
mata pelajaran IPS di kelas V MIN Yogyakarata II. Permasalahan yang dikaji
dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas V MIN
Yogyakarta II pada mata pelajaran IPS sebelum menerapkan strategi information
search, (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan strategi
information search, (3) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan strategi
information search. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi
information search terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MIN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN Yogyakarta II yang
berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui tes,
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa nilai
post-test siklus I dan post-test siklus II, data hasil proses pelaksanaan
pembelajaran dengan menerapkan strategi information search. Untuk analisis data
hasil menggunakan selisih antara rerata post-test siklus I dan post-test siklus II.
Sedangkan untuk analisis presentase ketuntasan belajar menggunakan analisis
deskriptif teknik presentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi information
search dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai post-test yang semula hanya 73,89
pada siklus I, menjadi 82,32 pada siklus II, dengan peningkatan rata-rata 8,43 dan
termasuk dalam kategori hasil belajar sangat baik. Peningkatan ketuntasan belajar
siswa dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar, pada siklus I sebesar
64,28% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,72% dan termasuk dalam
kategori ketuntasan belajar baik.
Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa penerapan strategi information search dapat meningkatkan hasil belajar
IPS siswa kelas V MIN Yogyakarta II.