Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
M MUHTAR MUBAROK, NIM. 08420131
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-10 03:51:48
Abstract :
Muhammad Muhtar Mubarok,. Penerapan Metode Sorogan Dalam
Memahami Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Bantul
Yogyakarta,Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan, Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pembimbing Drs
Ahmad Rodli M.AG
Pokok pembahasan, metode Sorogan, Kitab Kuning dan Pondok Pesantren
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
sorogan di Pondok Pesantren Al Muawwir Krapyak Bantul Yogyakarta. Metode
sorogan merupakan salah satu metode tradisional yang diterapkan di Pondok
Pesantren Al Munawwir untuk membantu santri dalam membaca dan memahami
kitab kuning yang dianggap masih efektif dan relevan diterapkan di Pondok Pesantren
Al Munawwir.
Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif.
penelitian ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh
subyek penelitian misalnya: prilaku, persepsi, tindakan secara menyeluruh, dan
mendeskripsikan dengan bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus
yang alamiyah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiyah. Untuk
memperoleh data yang kongkrit dalam penelitian di lapangan, maka digunakan
Penelitian Studi Kasus, untuk menjelaskan dan menguraikan menguraikan
komprehensif mengenai berbagai aspek seorang individu, suatu kelompok, suatu
organisasi (komunias), suatu progam, situasi sosial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode
sorogan ini efektif dalam mendidik santri agar lebih aktif dalam mempelajari dan
memahami kitab kuning karena kegiatan belajar mengajar secara individual dapat
meningkatkan keaktifan santri dalam membahas masalah dan memecahkannya,
dengan penerapan metode sorogan ini akan menimbulkan proses pembelajaran yang
beragam.