Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
INDRA NOVITA, NIM. 08480081
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-18 02:43:15
Abstract :
Indra Novita. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads
Together (NHT) kelas V MI Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta. Program
studiPendidikan Guru Madrasah IbtidaiyahFakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang penelitian ini adalahmatematika sebagai salah satu
pelajaran di sekolah cukup memegang peranan penting dalam membentuk siswa
menjadi berkualitas, karena matematika merupakan suatu sarana berfikir untuk
mengkaji segala sesuatu secara logis dan sistematis. Oleh karena itu, perlu adanya
peningkatan kualitas pendidikan di bidang matematika. Salah satu hal yang harus
diperhatikan adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa di sekolah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI
Sultan Agung yang berjumlah 24 siswa. Obyek penelitiannya adalah pelaksanaan
pembelajaran matematika dengan model pembelajaran NHT (Numbered Heads
Together untuk mengetahui keaktifan dan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian
ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dua pertemuan dan siklus II tiga pertemuan.
Data penelitian yang diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran,
hasil wawancara, angket, hasil tes dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang
digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan untuk menghitung data
menggunakan metode kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan untuk keaktifan siswa mengalami
peningkatan yaitu dilihat dari angket keaktifan, untuk pra tindakanpersentasenya
sebesar 71,87%, siklus I sebesar 72,65% dan mengalami peningkatan sebesar
76,38%. Selain itu untuk juga dapat dilihat peningkatan keaktifan dari lembar
observasi keaktifan tiap kelompok yaitu untuk siklus I persentasenya sebesar
74,70% dan meningkat pada siklus II sebesar 80,95%. Sedangkan untuk prestasi
belajar siswa juga mengalami peningkatan. Untuk pra penelitian peneliti
mengambil nilai tugas yang nilai rata-rata 67,87 yang memenuhi nilai KKM
dengan persentase sebesar 58,33% (14 siswa yang tuntas). Sedangkan pada siklus
I dari hasil tes evaluasi siswa nilai rata-ratanya sebesar 72,5 dengan siswa yang
memenuhi KKM dengan persentase sebesar 70,83% (17 siswa yang tuntas)
meningkat pada siklus II menjadi 73,75 dengan siswa yang memenuhi KKM
dengan persentase sebesar 75% (18 siswa yang tuntas)