Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
M. IMAN EFFENDI S , NIM.08420074
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-10 03:54:04
Abstract :
M. Iman Effendi S. Peningkatan Minat Belajar Bahasa Arab Santri kelas I?daad
melalui strategi Active Learning model Quiz Team di PP. Minhajut Tamyiz
Timoho Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah minimnya minat santri dalam
pembelajaran bahasa Arab. Minat merupakan salah satu faktor penting dalam
proses pembelajaran. Minat belajar santri dalam pembelajaran bahasa Arab kelas
I?daad PP. Minhajut Tamyiz Timoho Yogyakarta masih tergolong rendah, hal ini
disebabkan oleh rendanya kualitas pembelajaran yang dilakukan, selama ini guru
hanya menggunakan strategi konvensional sehingga santri sangat minim
dilibatkan dalam proses pembelajaran dan menjadikan materi yang disampaikan
kurang menarik bagi mereka dan terkesan meremehkan, Oleh karena itu perlu
diadakanya penelitiaan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan
menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar santri.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas bersifat kualitatif,
dengan mengambil tempat penelitian di PP. Minhajut Tamyiz Timoho
Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pengumpulan
data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan
yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan minat melalui
tindakan yang dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Triangulasi dilakukan
dengan membandingkan data hasil observasi, catatan lapangan, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : 1. Perencanaan 2.
Pelaksanaan 3. Observasi 4. Refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1). Minat belajar santri dalam
pembelajaran bahasa Arab santri kelas I?daad PP. Minhajut Tamyiz sebelum
pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2). Pelaksanaan strategi Active
Learning model Quiz Team dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas I?daad PP.
Minhajut Tamyiz dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari
empat kali pertemuan. Adapun pelaksanaan dengan Active Learning model Quiz
Team ini berjalan dengan cukup lancar. Strategi Active Learning model Quiz
Team dalam pembelajaran ini mencakup diskusi kelompok, pembuatan soal kuis,
berlatih mengoreksi jawaban antar kelompok lain, berlatih bertanggung jawab atas
jalanya kuis, dan berlatih menghormati jawaban kelompok lain. 3). Adanya
peningkatan minat belajar santri terlihat pada antusias dan semangat santri dalam
mengikuti pembelajaran bahasa Arab yang ditunjukan dengan masuk kelas hampir
tepat waktu, memperhatikan penjelasan dari pengajar, bertanya bila mengalami
kesulitan, mau berdiskusi dengan baik dan aktif dalam pembelajaran. Secara
keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, minat santri pada awal tindakan
memiliki nilai rata-rata 1,4 ( rendah), kemudian meningkat menjadi rata-rata 1,9 (
sedang), memasuki siklus II sebesar 2,05 ( sedang), dan meningkat lagi menjadi
2,51 ( tinggi).