Abstract :
M MASKUR. PRAKTEK LAYANAN BIMBINGAN DAN
KONSELING DI MADRASAH
Prestasi belajar siswa dalam kegiatan akademik merupakan hal yang
sangat penting, karena prestasi belajar merupakan gambaran keberhasilan siswa
dalam mengikuti proses belajar yakni dengan ditandai adanya perubahan
pengetahuan, pemahaman, sikap, ketrampilan, kecakapan, kemampuan daya
reaksinya, daya penerima aspek-aspek yang ada pada diri individu. Tinggi
rendahnya prestasi belajar tidak sama pada setiap individu. Prestasi belajar
dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain motivasi, adaptasi pada lingkungan diri
dan peranan layanan bimbingan konseling.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek layanan bimbingan dan
konseling di MI Sultan Agung Babadan Baru Depok Sleman, program-program
layanan bimbingan dan konseling, hubungan antara layanan bimbingan dan
konseling dengan prestasi, dan pengaruh layanan bimbingan konseling pada
prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan ada hubungan yang signifikan
antara pemberian layanan bimbingan konseling dengan prestasi belajar siswa.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan V B MI Sultan Agung
yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengumpul data menggunakan angket,
dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik
analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : 1)
Berdasarkan hasil analisis data dari penelitian di MI Sultan Agung
Babadan Baru Depok Sleman dapat disimpulkan bahwa, hipotesis yang diajukan
dapat diterima atau terbukti, yaitu semakin maksimal pelayanan BK, semakin
besar pula prestasi belajar yang diraih oleh siswa. Berarti ada hubungan yang
positif antara peranan layanan bimbingan konseling dengan prestasi belajar.
Kontribusi efektif dari layanan bimbingan konseling terhadap prestasi belajar
pada kelas V di MI Sultan Agung sebesar 2,3% pada kelas A dan 24,8% untuk
kelas B sedangkan sebagian besarnya dipengaruhi dari faktor yang lain. Namun,
kontribusi yang telah terjadi masih rendah.