Abstract :
Iksanudin, Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Operasi Bilangan Bulat Mata Pelajaran Matematika Kelas V MI
Ma`arif 01 Layansari 2011-2012, Skripsi Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2011.
Dalam pembelajaran matematika, siswa harus dilibatkan langsung secara
mental, fisik dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum
matematika yang telah dipelajari dan untuk memancing serta mengaktifkan otak
anak. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat
berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan memperngaruhi
prestasi belajar peserta didik. Sistim pembelajaran yang tidak memancing otak
anak dalam berfikir akan mempengaruhi perkembangan otak anak dalam jangka
waktu yang cukup panjang. Peserta didik akan terbiasa diberi tidak mampu
menganalisa masalah yang dihadapi karena anak tidak terlatih sejak didni. Di MI
Ma`arif 01 Layansari Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap, dalam
proses pembelajaran belum melibatkan siswa secara langsung baik mental fisik
dan interaksi sosial, guru masih menjadi pusat belajar bagi peserta didik di kelas
sangat berengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa serat mental siswa
dalam interaksi sosial sehari-hari. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu
hal yang perlu dilakukan dalam pemelajaran adalah dengan mengunakan metode
bermain peran dan demonstrasi untuk dapat melibatkan secara langsung dalam
kegiatan siswa.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1). bagaimana
penerapan metode bermain peran pada pembelajaran matematika operasi bilangan
bulat di kelas V MI Ma`arif 01 Layansari. 2) bagaimana upaya meningkatkan
prestasi belajar siswa melalui metode bermain peran dan demonstrasi di kelas V
MI Ma`arif 01 Layasari 2012.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi
partisipasi siswa yang diambil dari hasil observasi, prestasi belajar yang diambil
dari pemberian soal tes pada akhir pertemuan, aktivitas siswa dan guru yang
diambil dari hasil observasi dan dokumentasi, catatan lapangan untuk mencatat
keadaan yang terjadi. Keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan
prestasi belajar siswa yaitu meningkatnya prestasi belajar siswa di atas KKM
untuk KD ini 60 yang mencapai 85% atau lebih dari jumlah siswa kelas V MI
Ma`arif 01 Layansari.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan prestasi dari sebelum
tindakan ketuntasan hanya 9,37% dengan nilai rata-rata 26,50, siklus I meningkat
menjadi 40,00% dengan nilai rata-rata 49,00 dan siklus II meningkat menjadi
88,37% dengan Nilai rata-rata kelas 71.