Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
M ZAINUL ARIFIN, NIM. 06410008
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-12 05:51:40
Abstract :
M Zainul Arifin, Pelaksanaan Penilaian Berbasis Kelas Dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII SMP Budi Mulia Dua
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam dan Keguruan Fakultas
Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2012.
` Dengan adanya Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan Peraturan Pemerintah No. 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan membawa implikasi tentang
perubahan kurikulum, pembelajaran dan penlaian. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian berbasis kelas
(PBK) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana hasil dari
pelaksanaan penilaian berbasis kelas, dan apakah yang menjadi faktor
penghambat pelaksanaan penilaian berbasis kelas pada Pendidikan Agama
Islam.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi
penelitian ini mengambil kelas VII di SMP Budi Mulia Dua dengan jumlah 25
siswa, sedangkan metode pengumpulan yang penulis gunakan adalah: (1)
metode interview (wawancara), ((2) metode observasi atau pengamatan, (3)
metode analisa data dan (3) metode dokumentasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pelaksanaan dan hasil
penilaian serta faktor-faktor penghambat penilaian berbasis kelas di SMP Budi
Mulia Dua Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini dapat kami simpulkan bahwa,
(1) Pelaksanaan penilaian berbasis kelas di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta
pada aspek afektif menggunakan bentuk observasi perilaku dengan kriteria
pelaksanaan cukup, aspek psikomotorik menggunakan bentuk observasi
keterampilan dengan kriteria pelaksanaan sangat baik. Pada aspek kognitif ada
empat bentuk penilaian: pertama menggunakan bentuk penilaian mid semester
dengan kriteria pelaksanaan baik. Kedua ulangan harian, tugas kelompok, uji
kompetensi kriteria pelaksanaan Ketiganya baik. keempat, kuis tugas individu
dengan kriteria pelaksanaan keduanya cukup. (2) hasil penilaian berbasis kelas
pada aspek afeksi melalui penilaian sikap/perilaku dengan hasil penilaian
sudah baik, aspek psikomotorik melalui penilaian keterampilan hasil penelitian
sangat baik, dan aspek kognitif penilaian melalui uji kompetensi dengan hasil
penilaian cukup, sedangkan mid semester hasil penilaian cukup, ulangan harian
hasil penilaian baik, tugas satu hasil penilaian baik dan hafalan hasil penilaian
sangat baik (3) faktor penghambat penilaian berbasis kelas berasal dari faktor
ekternal dan internal adapun faktor eksternal dari sekolah dan guru,
sedangkan faktor internal berasal dari dalam diri siswa yaitu: minat dan
motivasi.