Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MADINATUL MUNAWWAROH, NIM. 08470140
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-27 02:47:42
Abstract :
Madinatul Munawwaroh. Manajemen Kelas dalam Meningkatkan
Efektifitas Pembelajaran PAI di SMP NU Karang Anyar Indramayu Jawa Barat.
Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri
Sunan Kalijaga. 2012.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mata pelajaran kegamaan
di SMP NU yang mempunyai visi terwujudnya lingkungan sekolah yang religius
dan SMP NU berbeda dengan sekolah umum di sekitarnya. Maka penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Manajemen Kelas
dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Adapun masalah yang dapat
dirumuskan adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP NU Karang
Anyar, bagaimana implementasinya dan faktor pendukung dan penghambatnya.
Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pada guru dan calon guru
akan pentingnya manajemen kelas dalam rangka meningkatkan efektifitas
pembelajaran sehingga tercapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di
SMP NU Karang Anyar Indramayu Jawa Barat. Adapun yang menjadi subyek
penelitian adalah Guru PAI, guru Akidah Akhlak, guru Al-Qur?an Hadits, guru
KeNUan dan siswa-siswi SMP NU Karang Anyar Indramayu Jawa Barat Tahun
Ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu
deskriptif analitis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen kelas dalam
meningkatkan efektifitas pembelajaran PAI yang dilakukan guru PAI atau
Keagamaan sudah efektif akan tetapi belum maksimal. Karena, dalam mengajar
guru tidak memaksimalkan dan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki sekolah dan
potensi siswa. (2) manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran
dapat dilihat dari pertama, efektifitas pengorganisasian kelas dan potensi siswa
oleh guru. Kedua, efektifitas belajar siswa yang telah dicapai melalui kegiatan
pembelajaran, yaitu prestasi (nilai) belajar siswa dan perilaku siswa.