Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MAFTIHAN KHULFAHMI, NIM.08470059
Subject
Kependidikan Islam Jurnal
Datestamp
2017-03-27 02:51:12
Abstract :
Maftihan Khulfahmi. Pembelajaran PAI Dalam Perspektif Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa di Kelas VII Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012
SMPN 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga. 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah kenakalan remaja menjadi dampak dari
kurang terkontrolnya pergaulan remaja oleh orang tua. Hal ini juga tidak lepas dari
pengaruh budaya Barat, media hiburan, dan lingkungan. Maka dari itu, Pendidikan
Agama Islam diharapkan mampu membentengi mental peserta didik dari pengaruh
negatif tersebut, yaitu dengan mengembangkan nilai-nilai pendidikan budaya dan
karakter bangsa dalam diri peserta didik melalui kegiatan pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran PAI yang digunakan oleh guru
dalam mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa serta materi
pembelajaran PAI yang diintegrasikan oleh guru dengan pendidikan budaya dan
karakter bangsa di kelas VII semester genap tahun ajaran 2011/2012 SMPN 1
Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan dan
memperkaya khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan khususnya tentang integrasi
nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan
subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru PAI kelas VII SMPN 1 Kalasan
Sleman Yogyakarata. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, dokumentasi, indept interview (wawancara mendalam).
Hasil penelitian menunjukkan: (1). Bahwasannya strategi pembelajaran yang
digunakan oleh guru PAI dalam mengembangkan pendidikan budaya dan karakter
bangsa di kelas VII semester genap tahun ajaran 2011/2012 SMPN 1 Kalasan adalah
Strategi Pembelajaran Ekspositori, Strategi Pembelajaran Aktif (active learning),
serta Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL). (2). Adapun materi pembelajaran
PAI kelas VII semester genap yang diintegrasikan oleh guru dengan pendidikan
budaya dan karakter bangsa adalah: (a)Pengertian hukum bacaan nun mati/tanwin dan
mim mati, (b)Hukum bacaan nun mati/tanwin dalam QS. Al-Qadar dan hukum
bacaan mim mati dalam QS. Al-Fiil, (c)Definisi iman kepada malaikat, nama-nama
malaikat dan tugasnya dan fungsi iman kepada malaikat, (d)Perbedaan manusia
dengan malaikat, keterkaitan aktifitas manusia dengan malaikat dan penerapan iman
kepada malaikat, (e)Definisi perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti, (f)Pembiasaan
perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti, (g)Pengertian, syarat dan ketentuan salat
Jum?at, (h)Pengertian salat Jama?, pengertian salat Qashar, syarat-syarat dan macammacam
salat Jama? dan Qashar, (i)Perjuangan Nabi Muhammad SAW dan para
sahabat Nabi dan nilai-nilai keteladanan Nabi Muhammad SAW.