Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUHAMMAD SHOLIKHIN, NIM. 09480020
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-27 09:00:57
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah adanya penelitian dari Harvard University
yang mengagetkan dunia pendidikan di Indonesia, hasil penelitian tersebut
menunjukkan bahwa kesuksesan seseorang ditentukan 20 % adalah kompetensi
pedagogik dan profesional ( hard skilsl ), sedangkan sisanya 80 % adalah kompetensi
kepribadian dan sosial ( soft skills ).
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tentang soft skills
guru yaitu kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru dalam film Sang
Pencerah, serta relevansinya terhadap nilai pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
kepustakaan (Library Research) dengan mengambil: Film Sang Pencerah Karya
Hanung Bramatyo. Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan pragmatis.
Pendekatan ini penulis gunakan untuk mendiskripsikan Soft Skills guru dalam film
Sang Pencerah tersebut. Pengumpulan data melalui dokumentasi, yaitu melalui teks
tertulis, majalah, dokumen, internet dan sebagainya yang dapat mendukung kajian
penelitian. Analisis data yang digunakan dengan metode content analysis.
Hasil penelitian menunjukkan: I. A. Isi (soft skills) kompetensi kepribadian
guru dari film Sang Pencerah meliputi: 1. Kejujuran,. 2. Tanggung jawab,. 3.
Toleransi,. 4. Menghargai orang lain,. 5. Kemampuan bekerjasama,. 6. Bersikap
Adil,. 7. Kemampuan mengambil keputusan,. 8. Kemampuan memecahkan masalah,.
B. Sedangkan kompetensi sosial guru meliputi: 1. Keterampilan bernegosiasi,. 2.
Presentasi,. 3. Melakukan mediasi,. 4. Kepemimpinan,. 5. Berkomunikasi dengan
pihak lain,. 6. Berempati dengan pihak lain,. B. Soft skills guru, Kompetensi
kepribadian dan kompetensi sosial dalam film Sang Pencerah sudah relevan dengan
nilai-nilai pendidikan Islam.
Kata kunci : Soft skills guru, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial.