Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MIFTAHUDIN, NIM. 08470074
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-27 02:54:37
Abstract :
Miftahudin. Nilai-nilai Pendidikan Multikultural Dalam Film Tiga Hati
Dua Dunia Satu Cinta Karya Ben Sohib Dan Relevansinya Dengan Pendidikan
Islam. Skipsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Latar belakang penelitian ini mengenai materi-materi pendidikan adalah
Indonesia merupakan negara yang beragam, baik dari sisi etnis, agama dan
budaya. Dalam kurun waktu tertentu singkat golongan-golongan tertentu dapat
saling mencurigai, saling membenci, akan tetapi suatu saat juga bisa memahami
dan saling menghormati. Film dibuat untuk memberikan pesan edukatif yang
dapat digunakan sebagai alternatif media pendidikan. Rumusan masalah dalam hal
ini adalah Bagaimanakah isi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Tiga
Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Ben Sohib dan Bagaimanakah relevansi nilainilai
pendidikan multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta Karya
Ben Sohib dengan pendidikan multikutural dalam perspektif Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research)
dengan mengambil objek film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta dan sasarannya
adalah penonton atau audience dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang
digunakan adalah semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content
analysis). Dalam hal ini, peneliti akan mengungkapkan tentang isi dari nilai-nilai
pendidikan multikultural yang ada dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta,
Kemudian, menafsirkan relevansinya dengan pendidikan Islam.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pesan pendidikan
Multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta, terdapat tujuh dimensi
besar yaitu belajar hidup dalam perbedaan, rasa saling percaya, saling memahami,
saling menghargai, berfikir terbuka, apresiasi dan interdependensi, resolusi
konflik dan rekonsiliasi nirkekerasan 2) Ada relevansi yang sangat erat antara
nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta
dengan pendidikan Islam. Keduanya sama-sama mengajak untuk melakukan
perbuatan dan tindakan yang terpuji (mahmudah) dan menghindari sifat-sifat yang
tercela yang sesuai dengan ajaran agama serta norma-norma yang berlaku yang
telah ditetapkan oleh Allah SWT baik bagi diri sendiri, masyarakat maupun
bangsa.