Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MIFTAHUL KARIMAH, NIM.08420002
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-10 04:09:07
Abstract :
Miftahul Karimah, Penerapan Metode Hafalan (Muhafazah) Dalam
Pembelajaran Kitab Kuning Di Kelas Program Qiraatul Kutub (PQK) VII dan
VIII MTs Darul Qur?an Ledoksari Kepek Wonosari Gunungkidul Tahun Ajaran
2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
hafalan dalam pembelajaran kitab kuning di kelas Program Qiraatul Kutub
(PQK) VII dan VIII MTs Darul Qur?an Ledoksari Kepek Wonosari Gunungkidul
dan problem-problem yang muncul.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang
dilaksanakan di kelas Program Qiraatul Kutub (PQK) MTs Darul Qur?an
Ledoksari Kepek Wonosari Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan
dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara memberikan makna
terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hafalan digunakan untuk
menghafalkan kitab-kitab yang sudah ditentukan. Tujuan penerapan metode
hafalan ini adalah untuk membentuk generasi seperti Imam Syafi?i RA dan agar
pada waktu dijelaskan peserta didik akan lebih mudah memahaminya. Materi
pelajaran yang dihafalkan adalah kitab-kitab dasar, yang berupa matan-matan dan
nadzam-nadzam, seperti Matn Al-Jurumiyyah, Amsilah At-tasrifiyyah , Safinah
An-najah, Syifa? Al-Jinan, ?Aqidah Al-awwam, Al-imriti, Gayah Wa Taqrib.
Dalam pelaksanaannya, peserta didik yang sudah menghafalkan terlebih dahulu
kemudian maju satu per satu menghadap guru untuk menyetorkan hafalannya.
Guru menyimak dan mengoreksi kesalahan. Setelah atau sebelum setoran, guru
menyuruh peserta didik untuk deresan bersama-sama hafalan mereka. Evaluasi
dilakukan setiap hari pada saat setoran dan deresan, setiap tes setelah hafalan satu
kitab, tengah semester dan akhir semester secara lisan hifz al-mutun dan tertulis.
Problem-problem yang muncul dalam pembelajaran kitab kuning dengan metode
hafalan ini dibagi dalam empat kategori, yaitu problem materi-kurikulum,
problem sarana prasarana, dan problem psikologis-sosiologis dan problem SDM.
Kata kunci: metode hafalan, pembelajaran kitab kuning