Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MIFTAKHUL HUDA, NIM.08470136
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-27 03:00:39
Abstract :
MIFTAKHUL HUDA. Program Lesson Study Sebagai Upaya Untuk
Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMP N I Pleret Bantul Yogyakarta.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2012.
Latar Belakang Penelitian ini adalah kegagalan Pemerintah dalam
meningkatkan mutu guru, selama ini pemerintah telah banyak berusaha
melakukan usaha peningkatan mutu guru melalui pelatihan-pelatiahn kepada guru.
Akan tetapi usaha tersebut kurang memberikan dampak yang signifikan terhadap
peningkatan mutu guru. Hal ini disebabkan karena pertama, pelatihan tidak
berbasis pada permasalahan nyata di dalam kelas. Materi yang sama diberikan
kepada semua guru tanpa mengenal asal sekolah. Padahal kondisi sekolah di suatu
daerah belum tentu sama dengan sekolah di daerah lain. Kedua, hasil pelatihan
hanya menjadi pengetahuan saja, belum seluruhnya diterapkan pada pembelajaran
di kelas. Untuk itu perlu adanya cara yang bisa meningkatkan mutu guru dalam
mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan tentang pelaksanaan
lesson study, hambatan dalam pelaksanaannya, dan juga untuk mengetahui hasil
program lesson study dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMP N I
Pleret Bantul Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisa dan menginterpretasikan data
yang berupa fakta-fakta dari hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sedang
untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber,
dilakukan dengan cara membandingkan data hasil wawancara dengan hasil
observasi atau pengamatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Program lesson study merupakan
study atau penelitian atau pengkajian terhadap pembelajaran atau sebuah model
pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaborarif
dan berkelanjutan berlandasan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning
untuk membangun komunitas belajar. Langkah-langkah dalam pelaksanaan lesson
study adalah yang pertama plan/perencanaan, dilanjutkan dengan do/pelaksanaan
lesson study oleh guru model di dalam kelas dengan disaksikan oleh guru-guru
yang lain, dan terakhir adalah see/refleksi terhadap pelaksanaan lesson study. (2)
Kendala/hambatan dalam pelaksanaanlesson study diantaranya adalah jadwal
kegiatan lesson study berbenturan dengan jadwal mengajar di dalam kelas,
kejenuhan guru, tidak semua guru dapat mengikuti seluruh rangkaian langkah
lesson study, persiapan guru model dalam menghadapi lesson study kurang, dan
yang terakhir adalah anggaran dana untuk kegiatan lessonstudy kurang
mencukupi. (3) Hasil dari lesson study terhadap peningkatan kompetensi
pedagogik guru adalah dengan adanya program lesson study mampu menjadikan
kompetensi pedagogik guru lebik baik.