Abstract :
Ahmadi, ?Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Metode
Jarimatika Pada Siswa Kelas III MI Negeri Kedungreja Kabupaten Cilacap
Tahun Ajaran 2011/2012?. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Dalam pembelajaran Matematika, siswa harus melibatkan secara mental, fisik,
dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah
dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat
berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan mempengaruhi
prestasi belajar siswa. Di MI Negeri Kedungreja Cilacap dalam proses
pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan
belajar di kelas sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk
mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan
metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif, berani mengemukakan pendapat,
dan mencoba, salah satunya adalah Metode Jarimatika.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana prestasi
belajar peserta didik pada pokok bahasan perkalian sebelum menggunakan
metode Jarimatika di MI Negeri Kedungreja Cilacap, (2) bagaimana proses
pembelajaran matematika dengan metode Jarimatika di MI Negeri Kedungreja
Kabupaten Cilacap, (3) seberapa besar peningkatan prestasi belajar peserta didik
pada pokok bahasan perkalian setelah menggunakan metode Jarimatika di MI
Negeri Kedungreja Kabupaten Cilacap.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2
siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi perstasi
belajar siswa yang di ambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas
siswa yang di ambil dari lembar observasi, dan dokumentasi. Indikator
keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) adanya peningkatan partisipasi
siswa, (2) adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu
meningkatkan prestasi siswa di atas KKM 65 yang mencapai 85% dari jumlah
siswa kelas III MI Negeri Kedungreja.
Hasil pembelajaran dengan metode Jarimatika dilaksanakan dengan lima
tahapan yaitu penjelasan jarimatika, diskusi kelompok, praktek jarimatika
individu, pemberian penguatan, dan pemberian penghargaan. Hasil penelitian
pada siklus I menunjukan prestasi belajar matematika siswa pada siklus I rata-rata
kelas sebesar 59.10 dan presentase ketuntasan belajar 60.87 %. Hasil prestasi
belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas sebesar 82. Dan presentase ketuntasan
belajar sebesar 86.96 %.