Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MIFTAKUR ROHMAH, NIM. 08420114
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-10 04:20:29
Abstract :
MIFTAKUR ROHMAH. Penerapan Metode Make A Match dalam
Peningkatan kemampuan Qiro?ah di Kelas VIII-A MTs N LAB UIN
Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran
metode Make A Match dapat meningkatkan kemampuan Qiro?ah siswa
Kelas VIII-A MTs N LAB UIN Yogyakarta dan berapakah tingkat
signifikansi yang diperoleh siswa pada kemampuan (prestasi) belajar
bahasa Arab siswa Kelas VIII-A MTs N LAB UIN Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan jenis penelitian
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau classroom action research
merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah
tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara
bersama. Dalam penelitian ini populasi digunakan semua. Populasi
penelitian ini adalah Kelas VIII-A MTs N LAB UIN Yogyakarta.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes kemampuan (prestasi)
belajar, dan wawancara. Untuk menguji instrument menggunakan Uji
Validitas, analisis datanya menggunakan rumus Uji t.
Dari hasil pengujian Paired Sample Test dengan bantuan SPSS
16.0 diperoleh thitung siklus I dengan siklus II sebesar 1,068 dengan nilai
signifikan sebesar 0.294 maka Ho diterima artinya tidak ada perbedaan
yang signifikan, siklus II dengan siklus III sebesar 2,992 dengan nilai
signifikan sebesar 0,006 maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang
signifikan, siklus I dengan siklus III sebesar 3,183 dengan nilai signifikan
sebesar 0.004 maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan.
Jadi dengan hasil pengujian tersebut dapat dikatakan bahwa metode Make
Match dapat meningkatkan kemampuan Qiro?ah siswa.