Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MILLATUDDIANA, NIM.08420155
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-10 04:22:01
Abstract :
MILLATUDDIANA Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Tahun 2010 dan
Implementasinya di Diniyah Takmiliyah Al Munajah Wonokromo Bantul. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,
2012.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum bahasa Arab Diniyah
Takmiliyah Tahun 2010. Kurikulum tersebut sangat berbeda dengan kurikulum
sebelumnya. Yakni mata pelajaran bahasa Arab yang berkolerasi dengan mata pelajaran
lainnya dan tidak terdapat tema tertentu sebagaimana yang terdapat pada kurikulum
sebelumnya. Hal tersebut akan membuat bingung para pengelola Diniyah Takmiliyah
khususnya guru bahasa Arab serta menjadikan ketidaksamaan kualitas pembelajaran
bahasa Arab antar Diniyah Takmiliyah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang perubahan kurkulum
Diniyah Takmiliyah Tahun 2010 dan Implementasinya di Diniyah Takmiliyah Al
Munajah Wonokromo Bantul. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi
pemikiran atau informasi bagi lembaga pendidikan, bagi pihak-pihak yang memiliki
tanggung jawab pendidikan baik guru, kepala sekolah maupun siswa untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Rancangan penelitian yang
digunakan adalah rancangan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengadakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan
memberikan makna terhadap data yang terkumpulkan, kemudian dari makna tersebut
ditarik beberapa kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan
triangulasi yang menggunakan sumber dan metode ganda. Subjek penelitian adalah
Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pondok Pesantren kantor wilayah
D.I.Yogyakarta, kepala Diniyah Takmiliyah Wonokromo, guru bahasa Arab kelas II,
III, dan IV Awwaliyah yang berjumlah tiga guru, serta siswa-siswi kelas II, III, dan IV
Awwaliyah Diniyah Takmiliyah Wonokromo yang berjumlah 67 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum bahasa Arab tahun
2010 merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kewenangan kepada pengelola
Diniyah Takmiliyah dalam mengorganisasikan kurikulum bahasa Arab, namun harus
mengacu kepada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pelajaran bahasa Arab
yang telah ditentukan pemerintah melalui kurikulum tahun 2010 guna mewujudkan
pembelajaran bahasa Arab yang terpadu. Namun demikian, pada pertengahan Mei tahun
2012, muncul wacana tentang pengkajian ulang kurikulum tersebut. Karena dalam
pembuatannya hanya melibatkan orang-orang di pusat, sehingga tidak
mempertimbangkan permasalahan yang ada di daerah. Penelitiaan ini juga menunjukkan
bahwa implementasi kurikulum bahasa Arab di Diniyah Takmiliyah dapat dikatakan
cukup baik. Hal itu karena dalam materinya sudah berkolerasi dengan mata pelajaran
lain dan waktu yang diberikan untuk pelajaran bahasa Arab sudah sesuai dengan
kurikulum. Sumber belajar berasal dari buku bahasa Arab yang diterbitkan Direktorat
Pendidikan Diniyah terbitan tahun 2004 dan 2009 dan dari sumber lainnya. Hal ini
dilakukan karena belum diterbitkannya buku panduan kurikulum yang memuat tentang
materi yang sesuai dengan kurikulum. Hanya saja guru masih belum memenuhi tuntutan
kompetensi pedagogik, yakni dalam penyusunan program belajar secara tertulis.