Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
RAHAYU FITRIYANI, NIM. 09420094
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-05-03 01:06:35
Abstract :
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Bahasa Arab dan
mengetahui pengaruh strategi Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil
belajar siswa di kelas X MAN 2 Wates Kulon Progo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen (Experimental Research), Penelitian
experimental research ini dilakukan dengan pemberian perlakuan (treatment) kepada
suatu kelas yang selanjutnya disebut dengan kelas eksperimen akan diperbandingkan
dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan (treatment) yang selanjutnya disebut
kelas control. Adapun siswa yang dijadikan sampel dalam dalam penelitian ini 50
siswa, yang terdiri kelas B yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah
25 siswa dan kelas A yang dijadikan sebagai kelas control dengan jumlah 25 siswa.
Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, test,
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis komporatif dengan
menggunakan uji ?t?.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaaran Bahasa Arab dengan
menggunakan strategi Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil
belajar bahasa Arab siswa. Hal ini ditunjukkan dengan menggunakan bantuan SPSS
16. Hasil output menunjukkan bahwa pada uji independent sample t-tesst nilai post
test siswa kelas sampel disapat bahwa nilai sig sebesar 0,036 < 0,05, maka H0 ditolak,
artinya ada pengaruh penggunaan strategi Numbered Head Together (NHT) terhadap
hasil belajar siswa.