Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MIRANI YUNIKA WATI, NIM. 06470006
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-27 03:17:39
Abstract :
Mirani Yunika Wati. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam
Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di Kelas IX E MTsN Yogyakarta II.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2012.
Penelitian ini memiliki latar belakang masih minimnya kecerdasan emosi
membuat siswa di MTsN Yogyakarta II khususnya kelas IX E tidak dapat
mengendalikan dan mengontrol emosinya yang mengakibatkan emosi diarahkan
kepada hal-hal yang negatif misalnya sering berkelompok dengan anak-anak nakal
dan banyak siswa yang sering membolos. Untuk dapat mengendalikan dan
mengontrol emosi siswa masih membutuhkan adanya bimbingan, arahan dan
motivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru
bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di
kelas IX E MTsN Yogyakarta II, dan bagaimanakah langkah-langkah guru
bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di
kelas IX E MTsN Yogyakarta II. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan
emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II dan untuk mengetahui
langkah-langkah guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan
emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II
Jenis Penelitian adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang
menjadi subjek penelitian adalah guru BK kelas IX E MTsN Yogyakarta II,
kepala sekolah MTsN Yogyakarta II dan siswa kelas IX E MTsN Yogyakarta II .
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan menggunakan
metode analisis deskriptif analitik.
Hasil Penelitian dapat dianalisis bahwa 1) Peran guru BK dalam
meningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II
sebagai motivator peningkatan kecerdasan emosional siswa. Sebagai motivator
guru BK memberikan bimbingan, arahan, dorongan serta contoh tindakan yang
dapat dilakukan siswa dalam meningkatkan kecerdasan emosinya yang meliputi
aspek pemahaman, pencegahan, pengentasan serta pemeliharaan dan
pengembangan. 2) Langkah-Langkah yang dilakukan guru BK dalam
meningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II
antara lain: Dalam hal a) Kesadaran diri membekali siswa dengan berbagai
pengetahuan dan informasi untuk dapat memecahkan masalah. b) Pengelolaan
emosi guru BK melakukan pendekatan kepada siswa, menerapkan kedisiplinan,
mengadakan bimbingan psikologis, menghindari stress yang berlebihan,
menerapkan sistem belajar murder, memupuk rasa percaya diri, mengadakan
bimbingan keagamaan. c) Pemanfaatan emosi secara produktif mengadakan
kegiatan pengembangan diri, kegiatan AMT, program rintisan madrasah unggul.
d) Empati guru mengajarkan peduli terhadap lingkungan.e) Membina hubungan
dengan memberikan informasi tentang kecakapan hidup, serta program home visit
Kata kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Emosional Siswa,
di Kelas IX E MTsN Yogyakarta II