Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
AMINATUL HASANAH, NIM. 08470050
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-24 03:00:02
Abstract :
Aminatul Hasanah. Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak
dengan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Negeri Piyungan
Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011-2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2012.
Latar belakang masalah, guru merupakan komponen penting dalam
pendidikan. Untuk memperoleh output SDM yang baik diperlukan seorang guru yang
memiliki kompetensi sebagai seorang guru. Motivasi belajar siswa sangat penting
agar tercapainya proses pembelajaran yang berhasil. Kompetensi pedagogik guru
merupakan salah satu faktor pendorong motivasi siswa. Selama ini masih banyak
guru yang masih menerapkan cara- cara tradisional dalam menyampaikan pelajaran.
Peran motivasi yang sangat besar bagi siswa dalam proses pembelajaran
menunjukkan bahwa seorang guru harus mampu memaksimalkan kompetensi
pedagogik yang dimiliki agar siswa termotivasi dalam belajar. Idealnya bila persepsi
siswa tentang kompetensi pedagogik guru akidah akhlak baik maka motivasi belajar
akidah akhlak siswa baik pula. Permasalahan di MTsN Piyungan siswa kurang
termotivasi dalam mengikuti pelajaran akidah akhlak. Sebagian siswa ada yang
merasa senang dan ada yang tidak. Saat pelajaran ada siswa yang merasa jenuh dan
mengantuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi
kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar siswa khususnya mata pelajaran akidah
akhlak, dan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara kompetensi pedagogik
guru akidah akhlak dengan motivasi belajar akidah siswa kelas VIII MTs Negeri
Piyungan, Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian
seluruh siswa kelas VIII MTsN Piyungan dengan mengambil sampel sebesar 50%
sebanyak 70 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji instrument meliputi uji validitas
dan uji reabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar akidah akhlak siswa
MTs Negeri Piyungan Yogyakarta termasuk dalam katagori cukup atau sedang.
Sedangkan kompetensi pedagogik guru akidah akhlak MTs Negeri Piyungan
Yogyakarta termasuk dalam katagori kurang. Korelasi antara kompetensi pedagogik
guru akidah akhlak dengan motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas VIII MTs
Negeri Piyungan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011-2012 ( rxy
= 0,692) dan (p>0,05),
Hal itu berarti bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kompetensi
pedagogik guru akidah akhlak dengan motivasi belajar akidah akhlak siswa kelas
VIII MTs Negeri Piyungan Bantul Yogyakarta.