Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MOCH. ROSYID, NIM. 08420112
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-10 04:24:38
Abstract :
Moch. Rosyid, Proses Pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah
Salafiyyah (MAS) Simbangkulon Buaran Pekalongan. Skripsi. Yogyakarta :
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dan
efektifitas pembelajaran Kaligrafi serta mendeskripsikan prestasi belajar siswa
kelas X pada mata pelajaran tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan
kualitatif dengan teknik analisis deskriptif yakni dengan mendeskripsikan uraian
dan angket dari responden. Adapun Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Dan sumber
datanya adalah dewan guru, siswa, dan karyawan di Madrasah Aliyah Salafiyyah
(MAS) Simbangkulon Buaran Pekalongan.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pembelajaran Kaligrafi di kelas X
Madrasah Aliyah Salafiyyah (MAS) Simbangkulon Buaran Pekalongan
menggunakan metode ceramah disertai praktik langsung dan dikte/imla?. (2)
Proses pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah Salafiyyah (MAS)
Simbangkulon Buaran Pekalongan termasuk dalam kategori SEDANG (3)
Prestasi belajar Kaligrafi siswa kelas X Madrasah Aliyah Salafiyyah (MAS)
Simbangkulon tahun ajaran 2011/2012 masih kurang memuaskan hal ini dapat
dilihat dari 139 sampel yang diambil hanya diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,9.