Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ANI HARYANI, NIM. 08420052
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-06 09:03:34
Abstract :
Ani Haryani. Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Sumber Pembelajaran
Bahasa Arab Kelas VIIIA MTsN Tempel Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga. 2012.
Pada umumnya, pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku paket sebagai sumber
pembelajaran, sedangkan Lembar Kerja Siswa hanya sebagai penunjang pembelajaran.
Namun kenyataannya di MTsN Tempel LKS khususnya bahasa Arab dijadikan satu-satunya
sumber pembelajaran. Itulah sebabnya penelitian ini ingin mengungkap (1) mengapa LKS
dijadikan sumber pembelajaran, (2) bagaimana penggunaan LKS dalam pembelajaran bahasa
Arab di kelas VIIIA MTsN Tempel , dan (3) apakah kualitas LKS sudah memenuhi kriteria
sebagai sumber belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan digunakannya LKS sebagai sumber
pembelajaran bahasa Arab di MTsN Tempel, bagaimana penggunan LKS sebagai sumber
pembejaran bahasa Arab, serta analisis LKS yang digunakan sebagai bahan ajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan penelitian di kelas
VIIIA MTsN Tempel. Sumber datanya adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran bahasa
Arab dan sebagian siswa-siswi yang bersangkutan. Sedangkan pengumpulan datanya
dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LKS bahasa Arab di MTsN Tempel
digunakan dengan alasan dapat dijangkau siswa, faktor ekonomi wali murid yang kurang
mampu, dan dapat membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar bahasa Arab. (2)
Penggunan LKS lebih sering digunakan dari pada buku paket, hal ini dikarenakan buku paket
yang ada belum mencukupi untuk dimiliki setiap murid selain itu juga antara materi yang di
LKS dan buku paket berbeda sehingga guru kesulitan untuk mengkombinasikannya. (3) LKS
yang digunakan MTsN Tempel mengacu peraturan Menteri Agama Republik Indonesia
Nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab
di Madrasah. Materinya mudah dipahami, kalimat yang digunakan jelas, singkat, tidak
menimbulkan salah konsep, serta bahasa yang digunakan komunikatif, dan interaktif, dan
pada aspek tampilan desain lks sangat menarik, tulisan dan gambar jelas dan bagus sehingga
mendorong minat baca siswa hanya dengan melihat lks sekilas tanpa melihat lama.