Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ANIS FITROTUNNISA, NIM. 08420115
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-07 01:38:53
Abstract :
ANIS FITROTUNNISA. Penerapan Metode Index Card Match Dalam
Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIIIC MTsN
LAB UIN Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah
Universitas islam negeri sunan kalijaga Yogyakarta, 2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan
mendeskripsikan penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran
bahasa Arab, meningkatkan keaktifan siswa kelas VIIIC serta mengetahui
tanggapan siswa terkait pembelajaran bahasa Arab setelah menggunakan metode
Index Card Match. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mengambil lokasi di
Madrasah Tsanawiyyah Negeri Laboratorium UIN Sunan kalijaga Yogyakarta.
Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, interview, observasi,
dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan proses
pembelajaran bahasa Arab dan peningkatan keaktifan siswa melalui metode Index
Card Match serta analisis angket tanggapan siswa. Adapun kegiatan penelitian ini
meliputi: plan (perencanaan), Action (tindakan), observe (pengamatan), dan
reflect (refleksi).
Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pelaksanaan penelitian
tindakan kelas ini dilakukan dengan dua Siklus, setiap Siklusnya terdiri dari dua
pertemuan yang diawali dengan observasi awal pembelajaran dan pra tindakan.
Penerapan metode Index Card Match ini lebih terpusat kepada siswa dalam proses
pembelajaran, dengan diberikan tugas kelompok untuk mencari pasangan kartu
ssuai dengan pertanyaan dan jawaban. Akhir dari kegiatan ini adalah
evaluasi/penilaian dari setiap hasil kerja kelompok. Kedua, adanya peningkatan
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab. aspek keaktifan siswa
tersebut meliputi: antusiasme dalam mengerjakan tugas, mengerjakan tugas sesuai
waktu, senang setiap mengikuti pembelajaran, mencari sumber belajar lain,
mengemukakan pendapat dalam kelompok, bertanya kepada guru jika materi
kurang jelas, berpartisipasi dalam kelompok, saling membantu dalam kelompok,
mendengarkan pendapat orang lain, dan saling bertanya dalam kelompok.
Secara umum, peningkatan yang terjadi cukup signifikan. Pada Pra
Tindakan diperoleh hasil prosentase sebesar 39,2%, kemusian pada Siklus I
meningkat menjadi 71,60%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 84,70%. Dan
yang ketiga, tanggapan siswa menunjukan bahwa metode Index Card Match ini
baik digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa
Arab. dengan kategori setuju yaitu sebesar 70,65%.