Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MOHAMMAD AHYARI RIDWAN, NIM.08420148
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-10 04:38:46
Abstract :
OHAMMAD AHYARI RIDWAN. Pengajaran Al-Qira?ah Siswa
Kelas VIII A MTsN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012 (Analisis
Problematika Memahami Isi Teks Bacaan Bahasa Arab). Skripsi. Yogyakarta:
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
pengajaran al-qira?ah dan problematikanya dalam memahami isi teks bacaan
bahasa Arab serta upaya apa yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi
problem tersebut, sehingga tujuan pengajaran al-qira?ah dapat tercapai sesuai
tujuan yang diharapkan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan
menggunakan cara berfikir induktif. Pendekatan yang digunakan adalah
analisis kesalahan berbahasa yang dilakukan dengan cara: (1) Mengumpulkan
sampel (2) mengidentifikasi kesalahan (3) menjelaskan kesalahan (4)
mengklasifikasikan kesalahan dan (5) mengevaluasi kesalahan. Pengumpulan
data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, angket, tes dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pengajaran alqira?ah
dalam memahami bacaan lebih menekankan siswa untuk
menerjemahkan bacaan secara perkata, bukan melalui pemahaman bacaan
secara analisis terhadap apa yang terkandung didalamnya. (2) Problem yang
dihadapi siswa dalam memahami isi bacaan berkaitan dengan problem
linguistik dibagi menjadi tiga aspek, yaitu (a) semantik, yaitu dalam
menentukan makna suatu kata. (b) morfologi, yaitu dalam membedakan jenis
kata kerja. (c) sintaksis, yaitu dalam menentukan fi?l, fâ?il, dan maf?ul bih dan
juga dalam membedakan bentuk mufrad, mu?anna dan jam?. sedangkan
problem non linguistik berkaitan dengan aspek: (a) siswa, dikarenakan latar
belakang, perhatian dan motivasi siswa. (b) guru, dikarenakan guru kurang
efektif mengelola waktu pelajaran, guru melatih siswa memahami bacaan
dengan menerjemahkan perkata bukan melalui pemahaman bacaan secara
analisis, guru kurang menggunakan media pengajaran. (c) lingkungan,
dikarenakan orang tua kurang mendorong dan memotivasi anaknya untuk
belajar. sedangkan upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan melatih
siswa untuk memperkaya kosa kata, mengenal pola kalimat, belajar
memahami isi bacaan, membuat lingkungan belajar yang efektif dan selalu
memotivasi siswa.