Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ANISA DWI MAKRUFI, NIM. 08410093
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-12 05:56:07
Abstract :
ANISA DWI MAKRUFI. Film Sang Pemimpi dari Perspektif Pendidikan
Agama Islam (Analisis Materi dan Metode). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah sektor pendidikan yang
menjadi faktor utama dari terbentuknya sebuah mimpi bersama banyak gagal untuk
menjadi sarana pendorong terwujudnya situasi visioner bagi kemajuan bangsa ini.
Yang ada, pendidikan masih cenderung doktriner, tak lagi banyak memicu pemikiran
yang sifatnya kreatif. Media film yang edukatif berupa kumpulan film yang
mengemas pesan-pesan luhur dan nilai-nilai agung agama dengan kemasan santai,
jelas dan menyenangkan diharapkan menjadi bagian dari solusi mengantarkan
generasi muda yang visioner dan berkarakter.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
paedagogis yaitu penulis melakukan analisis data melalui tinjauan materi dan metode
pendidikan agama Islam. Pada tahap pengumpulan data, dilakukan dengan cara
menghimpun data dari berbagai literatur baik dari rekaman film, novel, surat kabar,
buku-buku dan jurnal internet yang berkaitan dengan obyek penelitian. Teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analisys), dimana peneliti
menjabarkan hasil penelitian berkaitan dengan materi dan metode pendidikan dalam
film Sang Pemimpi, mengklasifikasikannya menurut bagian yang telah ditentukan
untuk kemudian dicocokkan dengan literatur yang relevan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) materi pendidikan yang terdapat
dalam film Sang Pemimpi: pendidikan keimanan, akhlak, syariah dan muamalah. (2)
metode pendidikan dalam film Sang Pemimpi adalah sebagai berikut: metode
ceramah, diskusi, tanya-jawab, menulis, cerita, memberi penguatan, membaca, lagu,
nasihat, pembiasaan dan hukuman. (3) pandangan pendidikan agama Islam terkait
materi dan metode pendidikan dalam film ini, bahwasanya baik materi dan metode
pendidikan yang diterapkan dalam film tersebut cukup relevan sebagai pijakan
pendidikan agama Islam dalam konteks kekinian. Film Sang Pemimpi sarat akan
muatan pendidikan, nilai-nilai keluhuran, agama dan toleransi. Terlebih dalam film
ini, digambarkan motivasi yang kuat dari para tokoh utama dalam mengejar mimpimimpi
mereka. Sang Pemimpi memiliki metode pengajaran melalui pendekatan
pendidikan karakter. Budaya menonton yang sudah lama di Indonesia harus
dimanfaatkan untuk pembentukan karakter dengan menonton film yang bernilai
edukatif.