Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUCHLAS ABIDIN, NIM. 08480044
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-18 07:51:27
Abstract :
Muchlas Abidin, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Student Team Achievment Division (STAD) Pada Siswa Kelas V Madrasah
Ibtidaiyyah Negeri I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta.
Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah prestasi dalam pembelajaran
IPS menggunakan metode konvensional di kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Negeri I
Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta yang rendah. Hal ini
dipengaruhi oleh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas yang
rendah pula, karena siswa bersifat pasif. Permasalahan yang dikaji dalam
penelitian ini adalah: bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif STAD dan
implikasinya terhadap keaktifan siswa serta prestasi siswa dalam pelajaran IPS
kelas V MIN I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian adalah siswa kelas V
.
MIN I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul
Yogyakarta
Hasil Penelitian : penerapan metode kooperatif ini dilaksanakan sebagai
tindakan kelas melalui proses dua siklus, setiap siklus dua pertemuan dengan
tahapan-tahapan kegiatan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi,
refleksi tindakan dan revisi tindakan. Setiap siklus diakhiri dengan evaluasi dan
pemberian penghargaan terhadap kelompok maupun individu siswa yang
mendapatkan nilai tertinggi, Sebelum pelaksanaan STAD siswa dibagi menjadi
kelompok kecil dengan beranggotakan 6 orang. Kelompok kecil ini akan
dirubah/rolling guna kesempurnaan siklus II. Penerapan metode kooperatif STAD
di MIN Ponjong berpengaruh terhadap keaktifan siswa. Artinya terjadi
peningkatan keaktifan siswa pada saat menggunakan metode kooperatif STAD,
dimana pada pra tindakan diperoleh nilai rata-rata keaktifan siswa sebesar 1.6,
pada siklus I diperoleh rata-rata 2.26 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 2.35.
Penggunaan metode kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi siswa, pada
pra tindakan diperoleh nilai rata-rata 59.6 dengan jumlah nilai yang tidak tuntas
sebanyak 17 anak. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78 dan pada siklus II
diperoleh nilai rata-rata 81.25 > dari nilai KKM, begitu pula nilai ketuntasan pada
siklus I dan II telah tercapai, yaitu pada siklus I sebanyak 21 anak dan pada siklus
II sebanyak 22 anak dari jumlah siswa 24 anak.
. Data yang dikumpulkan berupa data keaktifan siswa dan prestasi
belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi kelas
untuk data keaktifan belajar siswa dan lembar soal pre test dan post test untuk
data prestasi belajar siswa. Analisis data keaktifan belajar siswa menggunakan
analisis kuantitatif deskriptif. Sedangkan untuk data prestasi belajar diperoleh dari
nilai rata-rata tes dan prosentase ketuntasan siswa dalam evaluasi pra tindakan,
pre test dan post test pada siklus I dan siklus II
________________
Kata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran IPS, Student Team Achievment
Division (STAD)