Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUH. HAFIDZ ATHOILLAH, NIM. 08470018
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-27 03:19:19
Abstract :
MUH. HAFIDZ ATHOILLAH, Pembelajaran Berbasis Teknologi
Informasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akidah Akhlak
Siswa Kelas VIII D MTsN Semanu Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan
Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2012.
Berangkat dari tidak adanya inovasi dalam proses belajar mengajar pada
mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN Semanu yang menjadikan siswa
cenderung tidak memiliki motivasi untuk mengikuti pelajaran sehingga
mengakibatkan prestasi belajar rendah. Maka peneliti mencoba menawarkan
sebuah pembelajaran dengan mengkombinasikan kemajuan teknologi informasi,
yaitu pembelajaran berbasis teknologi informasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan proses belajar
mengajar modern, yang lebih efektif dan menarik guna meningkatkan motivasi
dan prestasi belajar siswa kelas VIII D MTsN Semanu Gunungkidul. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII MTsN Semanu Gunungkidul tahun pelajaran 2011/2012
sebanyak 148 siswa. Sedangkan sampel adalah kelas VIII D sebanyak 30 siswa.
Tindakan dalam penelitian ini sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus dua
pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: teknik
observasi, wawancara, dukumentasi, angket dan tes. Adapun untuk menganalisa
data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data, dianalisa
untuk ditarik kesimpulan yang terkait dengan peneliti cari. Peneliti juga
menggunakan data sekunder berupa angket, untuk memperkuat hasil. Khusus
untuk analisis penghitungan angket dipakai berupa analisis statistik dengan
pedoman skala likert dan perhitungannya menggunakan program SPSS versi 16.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran berbasis teknologi
informasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII D MTsN Semanu
dengan bukti banyaknya perubahan positif pada tingkah laku siswa saat proses
pembelajaran, dengan meningkatnya rasa senang mengikuti pembelajaran,
perhatian, munculnya rasa ingin tahu, adanya rasa tertarik, dan antusiasme yang
tinggi. Hal ini juga di perkuat oleh hasil data skunder dimulai pra tindakan pada 5
indikator motivasi dari 30 siswa mayoritas ada pada level ?rendah?
(rendah:27,sedang:2,tinggi:1), peningkatan yang signifikan ada pada siklus I yang
mayoritas ada pada level ?sedang? (s:19,r:8,t:3) dan diakhiri pada siklus II yang
mayoritas siswa ada pada level ?tinggi? (t:18,s:9,r:3). (2) Dengan keberhasilan
peningkatan motivasi belajar, diikuti keberhasilan peningkatan prestasi belajar
yang pada awalnya (pra tindakan) dengan keadaan siswa yang tuntas KKM ratarata
11 siswa, setelah diadakan tindakan siklus I hasilnya siswa yang tuntas KKM
meningkat 2x lipat menjadi 22 siswa, dan disempurnakan tindakan siklus II
dengan hasil 100% tuntas KKM. Ini berarti pembelajaran berbasis teknologi
informasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII D MTsN Semanu
Gunungkidul.