Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUHAMAD FATHONI, NIM. 08420099
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-10 04:45:50
Abstract :
Muhamad Fathoni, Eksperimentasi Pendekatan Accelerated Learning
Dalam Pembelajaran Qira?ah di MTsN Sumberagung Jetis Bantul. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan
Kalijaga, 2012.
Eksperimentasi berarti melakukan sebuah percobaan. Dalam hal ini
peneliti melakukanpercobaan sebuah pendekatan pembelajaran yang masih
tergolong baru dalam dunia pendidikan di Indonesia, yaitu mengujicobakan
pendekatan Accelerated Learning dalam Pembelajaran Qira?ah di MTsN
Sumberagung Jetis Bantul.
Accelerated Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang lebih
memperhatikan keadaan psikologi siswa dalam belajar. Konsep pembelajaran
yang didasarkan pada temuan seorang psikiater Bulgaria, Dr. George Lozanov.
Menurut Lozanov, otak manusia (yang digunakan sebagai alat utama belajar) baru
akan efektif digunakan apabila berada dalam keadaan ?fun? (tidak dalam tekanan,
lepas, dan nyaman). Accelerated Learning mempunyai beberapa unsur, yaitu
SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelectual). Dengan kata lain belajar
dengan melibatkan seluruh diri (whole brain).
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang mana
penelitian ini dilaksanakan di MTsN Sumberagung Jetis Bantul. Pendekatan
penelitian ini menggunakan pendekatan survey, dan menggunakan analisis
kuantitaif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati
dapat diukur dalam bentuk angka. Sedangkan metode penelitiannya mengunakan
metode eksperimen, yang prosedurnya antara lain Pre-experiment Measurement,
Treatment, Post-experiment Measurement. Rancangan penelitian yang digunakan
adalah Rancangan Secara Acak dengan Tes Awal dan Tes Akhir dengan Kelas
Kontrol (The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design).
Setelah diadakan uji coba (eksperimen) pendekatan Accelerated Learning
dalam pembelajaran Qira?ah, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
Qira?ah dengan menggunakan pendekatan Accelerated Learning lebih disukai
oleh siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar Qira?ah siswa MTsN
Sumberagung Jetis Bantul, walaupun tidak terdapat perbedaan yang signifikan
antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan Accelerated
Learning, dengan pembelajaran bahasa Arab tanpa pendekatan Accelerated
Learning.