Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUHAMMAD AMIQ EL HAQ, NIM. 08420170
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-10 06:38:48
Abstract :
MUHAMMAD AMIQ EL HAQ. Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Mind Mapping Di Kelas X E MAN
Maguwoharjo Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi: Jurusan Pendidikan
Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,
2012.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat siswa ketika belajar di
kelas, banyak kalangan pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak
menyenangkan hanya duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan
pikiran pada suatu pokok bahasan. Sama halnya dengan pembelajaran Bahasa
Arab di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, hal ini disebabkan karena
pembelajaran berlangsung secara monoton, dan tidak melibatkan siswa untuk
terlibat aktif. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa
adalah penerapan metode Mind Mapping.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, menggunakan desain penelitian
Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa
kelas X E MAN Maguwoharjo Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan
menggunakan analisis kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang
dan perilaku yang diamati, sementara itu analisis kuantitatif digunakan untuk
mendukung pendekatan kualitatif sehingga diperoleh data yang lebih
komperhensif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan
triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanaan tindakan berlangsung selama
tiga siklus dengan satu kali siklus dengan satu kali pertemuan untuk masingmasing
siklus. Siklus I pembelajaran belum berjalan sesuai RPP, akan tetapi siswa
sudah merasa senang dengan tindakan yang dilakukan. Siklus II peningkatan
minat sudah terlihat dengan adanya partisipasi aktif dari siswa dalam
pembelajaran. Siklus III minat sudah meningkat terlihat dari perbandingan hasil
angket pra tindakan dan pasca tindakan baik secara individu maupun secara
keseluruhan adapun prosentase peningkatan keseluruhan adalah sebesar 10,94 % .