Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
MUHAMMAD TAQIUDDIN, NIM. 08410024
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-12 06:01:50
Abstract :
MUHAMMAD TAQIUDDIN. Peran guru akidah akhlak dalam
meningkatkan motivasi belajar PAI kelas IV Awaliyah di Madrasah Diniyah
Takmiliyah Al-Munajah Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Skripsi.
Yoyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak-anak kelas IV Awaliyah
Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Munajah merupakan anak-anak yang baru
duduk di bangku kelas V dan VI SD, karena terlalu banyaknya aktivitas yang
dijalani anak-anak seperti pulang sekolah yang sampai sore, adanya jam tambahan
belajar di sekolah untuk menghadapi ujian, Bimbel, dan aktivitas mengaji
dipondok-pondok pesantren di malam hari, sehingga dalam belajar anak-anak
tidak bisa terlepas dengan yang namanya motivasi untuk belajar.
Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah usaha-usaha guru
akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar PAI dikelas IV Awaliyah,
metode-metode apa saja yang digunakan guru dalam mengajar di kelas IV
Awaliyah, dan faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam guru
mengajar di kelas IV Awaliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara
mendalam dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan
menggunakan sumber ganda dan metode ganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) usaha guru akidah akhlak
dalam meningkatkan motivasi belajar PAI kelas IV Awaliyah antara lain,
membuat rencana dalam pembelajaran, membuat persiapan pembelajaran agar
pembelajaran bisa berjalan sesuai dengan RPP yang sudah dibuat, menjadi
seorang motivator dengan mengunakan beberapa bentuk motivasi seperti memberi
angka atau nilai bagi siswa rajin dan aktif di kelas, memberi hadiah,dan memberi
sanjungan dan pujian bagi siswa yang rajin dan aktif di kelas. 2) Metode yang
digunakan guru akidah akhlak antara lain: metode lalaran (hafalan), metode lagu,
metode membaca bersama-sama, metode ceramah, metode cerita, metode tanya
jawab. 3) Faktor pendukung : Kondisi kelas yang nyaman untuk belajar dan jauh
dari keramaian, Guru akidah akhlak yang pandai dan menguasai dalam bidang
yang diampunya, Kondisi anak di kelas IV Awaliyah yang kebanyakan sudah
lancar dalam membaca Al-Qur’an dan menulis arab. Faktor penghambat: Banyak
anak yang datang ke Madrasah dalam keadaan mengantuk dan lelah, sehingga
anak kurang fokus dalam menerima pelajaran, Ada beberapa anak yang suka
makan di kelas, sehingga menganggu proses pembelajaran, Peran orang tua yang
kurang memperhatikan anaknya untuk belajar di Madrasah, sehingga ada
berberapa anak yang semaunya sendiri ketika ada di kelas, Banyaknya anak yang
tidak memiliki buku (kitab) untuk belajar, sehingga ketika proses belajar mengajar
banyak waktu yang terbuang untuk mencatat materi.