Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ASNI WIDAYANTI, NIM. 08470152
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-24 03:03:07
Abstract :
Asni Widayanti. Integrasi Pendidikan Entrepreneurship pada Mata
Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Life Skill Siswi Kelas X Madrasah Aliyah
Mu?allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta:
Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga, 2012.
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa pendidikan
nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak
serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan
bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak
mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang
demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan fungsi pendidikan
tersebut, salah satunya adalah melalui pendidikan entrepreneurship.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative research)
yang mengambil latar pada Madrasah Aliyah Mu?allimaat Muhammadiyah
Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara
kritis tentang pelaksanaan integrasi pendidikan entrepreneurship di Madrasah
Aliyah Mu?allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dan peranan integrasi
pendidikan entrepreneurship dalam meningkatkan kecakapan hidup (life skill)
pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Mu?allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Secara substansial mata pelajaran Fiqih
memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari
sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan
manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia,
makhluk lainnya ataupun lingkungannya. Secara teori pembelajaran Fiqih telah
disampaikan dengan metode sebagai cara-cara penyajian bahan pelajaran pada
siswa untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. (2) Integrasi pendidikan
entrepreneurship di Madrasah Aliyah Mu?allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
salah satunya dilatarbelakangi oleh misi madrasah yaitu: ?Menyelenggarakan dan
mengembangkan pendidikan ketrampilan guna membangunan kompetensi dan
keunggulan siswi di bidang wirausaha?. Adapun tujuan integrasi pendidikan
entrepreneurship adalah: menyiapkan generasi muda berjiwa entrepreneurship
serta menyiapkan output berkepribadian luhur, berdedikasi tinggi, dan semangat
etos kerja Islami. Langkah integrasi pendidikan entrepreneurship: memberikan
motivasi, selanjutnya pengintegrasian pada mata pelajaran fiqih, dan praktik
langsung di madrasah/usaha produktif. (3) Faktor pendukung integrasi pendidikan
entrepreneurship di madrasah adalah: (a) Banyak siswi yang tinggal di asrama; (b)
Kreatifitas guru mata pelajaran fiqih; (c) semangat belajar siswi. Sedangkan faktor
penghambatnya adalah: (a) Kerja sama yang kurang baik; (b) Pola pembelajaran
dalam keluarga; (c) Tidak adanya koordinasi antar anggota madrasah; (d) Sifat
konsumtif di perkotaan atau pengaruh dari luar.