Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ATAM RUSTAMAN, NIM. 08470112
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-24 03:12:20
Abstract :
Atam Rustaman. Implementasi Manajemen Personalia (Guru) dan
Implikasinya Terhadap KBM di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Periode 2006-
2011. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Penelitian ini bertempat di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari penerapan manajemen
Personalia (Guru) mulai dari Rekruitmen, Pengangkatan, Penempatan,
Pelatihan/Pembinaan, Pemberhentian yang mencakup empat fungsi manajemen
POAC (Planning, Organizing, Actuiting, Controlling) untuk mengetahui
Implikasi Manajemen Personalia (Guru) Terhadap KBM di SMP IT Abu Bakar
Yogyakarta dan mengetahuai faktor pendukung dan penghambat dari manajemen
Personalia (Guru) terhadap KBM Tersebuat periode 2006-2011.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, dengan mengambil latar
SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis
deskriptif-analitik yaitu metode yang digunakan untuk menyusun data yang telah
dikumpukan, dijelaskan kemudian dinalisis.
Hasil penelitian ini menunjukan, Pertama, Implementasi Manajemen
personalia (Guru) mulai dari Rekruitmen, Pengangkatan, Penempatan, Pelatihan
dan Pemberhentian dimana dalam pelaksanaanya terkait dengan empat unsur
manajemen POAC yaitu Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing),
Pelaksanaan (Actuiting), Pengawasan (Controlling) di SMP IT Abu Bakar
Yogyakarta priode 2006-2011. Kedua, Implikasi Personalia (Guru) tersebut
terhadap KBM di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta berdampak secara langsung,
artinya dengan pengelolaan Guru yang bagus akan menghasilkan KBM yang
bagus pula, hal ini bisa dilihat dari indikator yang peneliti tulis yaitu Cara Guru
Mengaktifkan Siswa di Kelas dan Prestasi Siswa. dalam Guru mengaktifkan siswa
dikelas dilakukan dengan melakukan berbagai metode dan strategi pembelajaran
seperti aktif learnig, diskusi, tanya jawab dan ceramah. Menggunakan media
pembelajaran seperti LCD. Dalam Prestasi Siswa, dilakukan dengan cara siswa
diikutkan dalam perlombaan-perlombaan dan olimpiade baik tingkat sekolah,
kota, propinsi naupun nasional. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat
manajemen personalia (Guru) terhadap KBM di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.
faktor pendukung antara lain: kualitas Guru, Sarana dan Prasarana, lingkungan
dan masyarakat. Faktor penghambat adanya perbedaan motivasi guru untuk
berfikir maju yang terpengaruh oleh waktu dan kondisi fisik yang bermacammacan
dan kepala sekolah kesulitan dalam mendapatkan guru yang sesuai dengan
Visi dan Misi SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.