Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
ATIK ATUS SA'ADAH, NIM. 08420024
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-07 01:54:35
Abstract :
Atik Atus Sa?adah: 08420024. Skripsi: Penerapan Na?ariyatul Wahdah
dalam Pengajaran Bahasa Arab Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Ma?had An-Nur
Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini bertujuan hendak mengetahui penerapan Na?ariyatul
Wahdah dalam pengajaran bahasa Arab yang diterapkan pada kelas XI di
Madrasah Aliyah (MA) Al-Ma?had An-Nur. Penelitian ini bersifat deskriptif
kualitatif, yakni penelitian yang bertujuan mendiskripsikan penerapan Na?ariyatul
Wahdah dalam pengajaran bahasa Arab di MA Al-Ma?had An-Nur. Sedangkan
metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Setelah melakukan analisis dapat diperoleh kesimpulan: Pengajaran bahasa
Arab di MA Al-Ma?had An-Nur dapat dikatakan sudah sesuai dengan kerangka
teori Na?ariyatul Wahdah, yaitu : penerapan pengajaran bahasa Arab yang selalu
dimulai dengan menetapkan judul sebagai pusat kegiatan dalam pengajaran,
kemudian dari judul tersebut dikembangkan dalam berbagai materi yang terdapat
dalam buku pegangan, semua unit bersumber pada satu buku bahasa Arab, semua
unit diajarkan dalam alokasi waktu yang sama sebagai waktu pembelajaran bahasa
Arab dan satu guru yang sama. Dan dalam proses pengajarannya pun tidak lepas
dari beberapa faktor baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Adapun
faktor pendukungnya yaitu : kegiatan diniyah di lingkungan Pondok Pesantren,
dapat meningkatkan kemahiran berbahasa siswa, pelajaran bahasa Arab disekolah
didukung juga oleh mata pelajaran lain seperti : Qir??atul Kutub, Na?wu dan
?araf, pengajaran bahasa Arab yang dimulai dari menetapkan judul kemudian dari
judul tersebut dikembangkan dalam berbagai materi akan mempermudah
pamahaman siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu : minat siswa yang
kurang, ruangan kelas yang tidak kondusif, minimnya sumber belajar dan media
belajar, kemampuan metodologis guru kurang, Sarana prasarana kurang memadai.