Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NGIZZATI WALNGADOMAH AS, NIM. 08410136
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-12 08:55:50
Abstract :
NGIZZATI WALNGADOMAH AS. Pandangan Lima Dosen Wanita
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terhadap Pendidikan Akhlak pada Anak. Skripsi.
Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Sunan Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang
pandangan dosen wanita terhadap pendidikan akhlak pada anak. Penelitian ini
menarik untuk dikaji karena subjek yang diteliti adalah para dosen-dosen wanita
Fakultas Tarbiyah UIN Suka YK. Pendidikan akhlak pada anak masa di mana yang
paling penting dalam kehidupan manusia. Masa ini merupakan tahap awal bagi proses
pertumbuhan seorang anak untuk menjadi manusia dewasa. Semenjak kecil anakanak
perlu belajar tentang hubungan antar manusia, anak perlu belajar tentang orang
lain, kekurangan maupun kelebihannya. Padanya perlu diberi pengertian bahwa untuk
menjadi baik, tak perlu ia mencontoh kebaikan orang lain. Yang lebih dari itu adalah
menyadari keadaan dirinya sendiri. Di samping itu, ia perlu diarahkan supaya tetap
teguh pada pendiriannya serta prinsip-prinsip yang diyakininya. Adapun rumusan
masalahnya ada tiga, yaitu: bagaimana pandangan Dosen wanita terhadap pendidikan
akhlak pada anak? apa alasan yang melatar belakangi pandangan Dosen terhadap
pendidikan akhlak pada anak? menurut pandangan dosen wanita, apa saja yang
menjadi hambatan pendidikan akhlak pada anak? Hasil dari penelitian ini diharapkan
akan menjadi referensi baik itu untuk para mahasiswa, dosen itu sendiri atau kalangan
umum mengenai pendidikan akhlak pada anak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan
fenomenologi, dengan mengambil subjek penelitian lima Dosen wanita fakultas
Tarbiyah dan Keguruan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pandangan Dosen wanita
mengenai Pendidikan akhlak untuk anak adalah suatu pendidikan di mana akhlak
sebagai landasan/fondasi paling utama dalam kehidupan karena pendidikan akhlak
juga sebagai dasar kualitas kehidupan seseorang dan di kehidupan selanjutnya. (2)
Alasan mereka berpendapat penting adalah karena dengan pendidikan akhlak, anak
akan tahu dan berperilaku yang sesuai di manapun ia berada, pendidikan akhlak yang
dimaksud bukan hanya memberikan pengetahuan kepada anak mengenai pendidikan
akhlak, namun daripada itu yang terpenting adalah memberikan contoh pendidikan
akhlak itu sendiri kepada anak. (3) Hambatan pendidikan akhlak pada anak adalah
adanya faktor internal yaitu keluarga, orang tua, kasih sayang orang tua, kurangnya
pengetahuan dari orang tua dalam menanamkan pendidikan akhlak pada anak,
sedangkan faktor eksternal sebagai penghambat adalah metode yang digunakan atau
pendekatan yang digunakan, orang ke-tiga, dukungan masyarakat dan pemerintah
yang dianggap kurang. Selain itu, faktor eksternal yang lain adalah teman sebaya,
pengaruh media seperti TV.