Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
CITRA RESMI, NIM. 08420013
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-07 03:43:18
Abstract :
CITRA RESMI. ?Penerapan Model Pembelajaran Induktif Pada Mata Pelajaran
Nahwu Kelas II MTs Pondok Pesantren Al-Anwar Pacitan Tahun Ajaran
2011/2012 (Pembelajaran Kitab Al-Nahwu al-Wa>d}ih)? . Skripsi. Yogyakarta :
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana
penerapan model pembelajaran induktif pada mata pelajaran nahwu bagi siswa
kelas II MTs pondok pesantren Al-Anwar Pacitan tahun ajaran 2011/2012 yang
mencakup dari perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan, serta evaluasi.
Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan kitab Al-
Nahwu al-Wa>d}ih bagi siswa kelas II mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran
nahwu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data
yakni dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk
mengamati secara langsung proses pembelajaran. Wawancara kepada guru dan
siswa terkait dengan pembelajaran nahwu dan penggunaan kitab Al-Nahwu al-
Wa>d}ih sebagai referensi. Dokumentasi untuk menghimpun data terkait dengan
gambaran umum tempat penelitian. Prosedur penelitian menghasilkan data
deskriptif sehingga analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif
untuk menguraikan data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
induktif pada pelajaran nahwu bagi siswa kelas II di MTs pondok pesantren Al-
Anwar Pacitan tahun ajaran 2011/2012 cukup bagus. Meskipun perencanaan
pembelajaran tidak ditulis, namun dalam pengorganisasian dan pelaksanaan
pembelajaran berjalan cukup lancar dan efektif dan mampu melibatkan siswa
secara aktif dalam proses pembelajaran ditandai dengan adanya diskusi antar
siswa. Evaluasi yang dilaksanakan yakni berupa tes maupun penugasan juga telah
sesuai dengan tujuan pembelajaran yakni menghendaki kemampuan siswa untuk
mengaplikasikan materi nahwu yang telah diperoleh dalam bacaan dan tulisan.
Selain itu dari hasil wawancara kepada guru dan siswa diketahui bahwa
penggunaan kitab Al-Nahwu al-Wa>d}ih sebagai referensi juga telah sesuai bagi
pembelajar pemula dalam pelajaran bahasa Arab, khususnya materi nahwu
sebagaimana yang terjadi di MTs pondok pesantren Al-Anwar ini.