Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NOVI KUSMIATI SA’DIYAH, NIM. 08420001
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-12 01:55:33
Abstract :
Novi Kusmiati Sa?diyah, Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Bahasa Arab Siswa di MTs Negeri Gondowulung (studi kasus di kelas
VII). Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Uin Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya motivasi belajar bahasa arab
siswa MTs Negeri Gondowulung kelas VII dalam belajar bahasa arab. Idealnya,
dalam belajar bahasa arab semestinya siswa mempunyai motivasi yang tinggi baik
itu motivasi intrinsic maupun ekstrinsik sehingga proses balajar mengajar bahasa
arab dapat berlangsung dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang upaya
upaya apa saja yang dilakukan oleh guru bahasa arab untuk meningkatkan
motivasi sisw baik itu di dalam kelas maupun diluar kelas di MTs Negeri
Gondowulung.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk
memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya
perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dengan cara deskripsi dalam bentuk katakata
dan bahasa. Sedangkan jenis penelitian yang diapakai adalah lapangan.
Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru, siswa MTs Negeri Gondowulung
kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa ada upaya-upaya guru dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa baik itu di dalam kelas maupun diluar kelas.
Upaya guru dalam meningkatkan motivasi didalam kelas yaitu dengan
memberikan pujian kepada siswa, memberika hukuman, memberikan nilai,
menyederhanakan materi yang susah, menggunakan media. Sedangkan diluar
kelas yaitu menciptakan lingkungan bahasa dan mengadakan kelas tambahan
bahasa arab serta pengajian iqro.