DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DENGAN INDEX CARD MACTH (ICM) SISWA KELAS VII D MTS N NGEMPLAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
DENI FATMAWATI, NIM. 08410165
Subject
Pendidikan Agama Islam 
Datestamp
2014-03-12 06:03:06 
Abstract :
DENI FATMAWATI. Perbedaan Hasil Belajar Fiqih melalui Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan Index Card Match (ICM) Siswa Kelas VII D MTs N Ngemplak. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran fiqih kelas VIID MTs N Ngemplak yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Pendidik merupakan penentu jalannya pembelajaran akan berjalan dengan membosankan ataupun berjalan menyenangkan. Selama ini guru menggunakan metode pembelajaran yang konvensional sehingga siswa mengalami kebosanan dalam belajar sehingga hasil belajar rendah. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pe-experiment design (non design) dengan desain satu kelompok yang digunakan untuk penelitian tetapi dibagi dua, yaitu setengah untuk kelompok eksperimen dan setengah untuk kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID MTs N Ngemplak. Pengambilan sampel dilakukan secara non probability sampling dipilih kelas VIID, kelas tersebut dibagi menjadi dua absen 1 sampai 18 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan absen 19 sampai 38 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar tes. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji t dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran Course Review Horay dengan Index Card Match pada pembelajaran fiqih siswa kelas VIID MTs N Ngemplak dapat meningkatkan hasil belajar siswa, untuk kelas experimen sebesar 19,5 poin dan untuk kelas kontrol sebesar 10,5 poin, (2) Hasil belajar fiqih melalui metode pembelajaran Course Review Horay lebih besar dari pada menggunakan metode pembelajaran Index Card Match pada kelas VIID MTs N Ngemplak, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan metode Course Review Horay dengan siswa yang menggunakan metode Index Card Match dengan nilai kognitif thitung=3,05>ttabel (0,05)=1,66. Maka Ho ditolak Ha diterima. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga