Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
DENI FATMAWATI, NIM. 08410165
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-12 06:03:06
Abstract :
DENI FATMAWATI. Perbedaan Hasil Belajar Fiqih melalui Metode
Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan Index Card Match (ICM)
Siswa Kelas VII D MTs N Ngemplak. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
dalam pembelajaran fiqih kelas VIID MTs N Ngemplak yang disebabkan oleh
rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Pendidik
merupakan penentu jalannya pembelajaran akan berjalan dengan membosankan
ataupun berjalan menyenangkan. Selama ini guru menggunakan metode
pembelajaran yang konvensional sehingga siswa mengalami kebosanan dalam
belajar sehingga hasil belajar rendah. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk
memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran
yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pe-experiment design (non design)
dengan desain satu kelompok yang digunakan untuk penelitian tetapi dibagi dua,
yaitu setengah untuk kelompok eksperimen dan setengah untuk kelompok kontrol.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID MTs N Ngemplak.
Pengambilan sampel dilakukan secara non probability sampling dipilih kelas
VIID, kelas tersebut dibagi menjadi dua absen 1 sampai 18 sebagai kelas kontrol
yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan absen 19
sampai 38 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran
Index Card Match. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan
dokumentasi, tes, observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data berupa lembar tes. Sedangkan analisis data yang digunakan
adalah uji t dua sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode pembelajaran
Course Review Horay dengan Index Card Match pada pembelajaran fiqih siswa
kelas VIID MTs N Ngemplak dapat meningkatkan hasil belajar siswa, untuk kelas
experimen sebesar 19,5 poin dan untuk kelas kontrol sebesar 10,5 poin, (2) Hasil
belajar fiqih melalui metode pembelajaran Course Review Horay lebih besar dari
pada menggunakan metode pembelajaran Index Card Match pada kelas VIID
MTs N Ngemplak, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang
menggunakan metode Course Review Horay dengan siswa yang menggunakan
metode Index Card Match dengan nilai kognitif thitung=3,05>ttabel (0,05)=1,66.
Maka Ho ditolak Ha diterima.