Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NOVIANNA YHURIKE, NIM. 08480032
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-19 07:32:57
Abstract :
Novianna Yhurike. Penerapan Metode Team Accelerated Instruction
(TAI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V MI
Muhammadiyah Kranggan Manisrenggo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa karena
kurangnya kerjasama antara satu siswa dengan siswa lainnya sehingga membuat
suasana kelas menjadi tidak kooperatif. Untuk mengatasi permasalah tersebut
dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses
pembelajaran. Perbaikan pembelajaran ini menggunakan metode Team
Accelerated Instruction (TAI) yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi
belajar.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Kranggan Manisrenggo tahun
pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 23 siswa. Data-data yang dikumpulkan
berupa data nilai siswa (pra tindakan dan evaluasi), hasil observasi dan hasil
wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal, lembar
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data untuk prestasi belajar siswa
menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang didasari data kuantitatif setelah
menghitung semua komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya.
Hasil analisis prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Kranggan
Manisrenggo pada mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan. Pada saat
pra tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa atau sebesar 13,04%.
Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan 32,39 dengan nilai tertinggi 60 dan nilai
terendah 15. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau
sebesar 56,52%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 66,96 dengan nilai
tertinggi 100 dan terendah 40. Siklus II juga menunjukkan peningkatan, yaitu ada
16 siswa yang tuntas atau sebesar 69,57%. Nilai rata-rata pada siklus II
mengalami peningkatan menjadi 78,91 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 45.
Dengan demikian, penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di
MI Muhammadiyah Kranggan Manisrenggo Klaten.
Kata kunci : Prestasi, Team Accelerated Instruction (TAI), Matematika