Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
DENI ISNAWATI, NIM. 08470105
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-24 03:21:34
Abstract :
Dewi Isnawati: Integrasi-Interkoneksi Pembelajaran PAI dan Mata
Pelajaran Umum Pada Siswa Kelas II di SDIT Sunan Averroes Yogyakarta.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan merupakan
sebuah rangkaian proses pemberdayaan manusia menuju kedewasaan, baik secara
akal, mental maupun secara moral, sehingga mampu menjalankan perannya
sebagai khalifah fi al-ardh (pemelihara alam semesta). seluruh proses kehidupan
yang dilalui oleh manusia tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai pendidikan,
karena pada hakikatnya dalam arti luas pendidikan adalah kehidupan dan
kehidupan adalah pendidikan. demikian halnya dengan pendidikan agama Islam,
memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk watak, kepribadian, dan
nalar berfikir peserta didik. Pendidikan agama Islam diharapkan mampu
membawa peserta didik menjadi seseorang yang tumbuh dan berkembang
menjadi generasi cerdas dalam berfikir, kreatif dalam bekerja dan berkepribadian
Islami yang tidak hanya sholeh secara individu tetapi sholeh secara sosial. Akan
tetapi, yang menjadi problem di sini ialah pada praksisnya pembelajaran PAI dan
mata pelajaran umum masih dilakukan secara terpisah sesuai dengan bidang studi
masing-masing. hal ini disebabkan oleh dualisme sistem pendidikan yang
melahirkan cara pandang terhadap ilmu yang masih dikotomik. di mana di satu
sisi adanya ilmu agama (islamic studies) dan di sisi lain adanya ilmu umum
(skuler). Dari problem tersebut, di sini SDIT Sunan Averroes sebagai lembaga
pendidikan formal telah menerapkan konsep pembelajaran terpadu antara ilmu
pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum. sehingga yang menjadi
rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana model penerapan integrasiinterkoneksi
pembelajaran PAI dan mata pelajaran umum pada siswa kelas II di
SDIT Sunan Averroes, dan (2) bagaimana metode pembelajaran dalam
penerapan integrasi-interkoneksi pembelajaran PAI dan mata pelajaran umum
pada siswa kelas II di SDIT Sunan Averroes.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif,
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi, penentuan subyek
dilakukan secara snowball dan purposive sampling. metode pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data
dilakukan dengan cara reduksi data, kategorisasi data, sintesis, dan menyusun
hipotesis kerja dengan merumuskan suatu pernyataan yang proporsional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran yang di
terapkan di SDIT Sunan Averroes ialah model tematik dan integrated. model
pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat memberikan
solusi untuk mempertemukan kembali antara ilmu pengetahuan agama (PAI) dan
ilmu pengetahuan umum. sehingga ilmu pengetahuan serta wawasan yang
didapatkan oleh peserta didik-pun bersifat integral dan seimbang. (2), metode yang
digunakan dalam pembelajaran di SDIT Sunan Averroes yaitu metode informatif,
konfirmatif, korektif, induktifikasi, verifikasi, dan demonstrasi.