DETAIL DOCUMENT
INTERGRASI-INTERKONEKSI PEMBELAJARAN PAI DAN MATA PELAJARAN UMU PADA SISWA KELAS II DI SDIT SUNAN AVERROES YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
DENI ISNAWATI, NIM. 08470105
Subject
Kependidikan Islam 
Datestamp
2017-03-24 03:21:34 
Abstract :
Dewi Isnawati: Integrasi-Interkoneksi Pembelajaran PAI dan Mata Pelajaran Umum Pada Siswa Kelas II di SDIT Sunan Averroes Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan merupakan sebuah rangkaian proses pemberdayaan manusia menuju kedewasaan, baik secara akal, mental maupun secara moral, sehingga mampu menjalankan perannya sebagai khalifah fi al-ardh (pemelihara alam semesta). seluruh proses kehidupan yang dilalui oleh manusia tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai pendidikan, karena pada hakikatnya dalam arti luas pendidikan adalah kehidupan dan kehidupan adalah pendidikan. demikian halnya dengan pendidikan agama Islam, memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk watak, kepribadian, dan nalar berfikir peserta didik. Pendidikan agama Islam diharapkan mampu membawa peserta didik menjadi seseorang yang tumbuh dan berkembang menjadi generasi cerdas dalam berfikir, kreatif dalam bekerja dan berkepribadian Islami yang tidak hanya sholeh secara individu tetapi sholeh secara sosial. Akan tetapi, yang menjadi problem di sini ialah pada praksisnya pembelajaran PAI dan mata pelajaran umum masih dilakukan secara terpisah sesuai dengan bidang studi masing-masing. hal ini disebabkan oleh dualisme sistem pendidikan yang melahirkan cara pandang terhadap ilmu yang masih dikotomik. di mana di satu sisi adanya ilmu agama (islamic studies) dan di sisi lain adanya ilmu umum (skuler). Dari problem tersebut, di sini SDIT Sunan Averroes sebagai lembaga pendidikan formal telah menerapkan konsep pembelajaran terpadu antara ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum. sehingga yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana model penerapan integrasiinterkoneksi pembelajaran PAI dan mata pelajaran umum pada siswa kelas II di SDIT Sunan Averroes, dan (2) bagaimana metode pembelajaran dalam penerapan integrasi-interkoneksi pembelajaran PAI dan mata pelajaran umum pada siswa kelas II di SDIT Sunan Averroes. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi, penentuan subyek dilakukan secara snowball dan purposive sampling. metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, kategorisasi data, sintesis, dan menyusun hipotesis kerja dengan merumuskan suatu pernyataan yang proporsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran yang di terapkan di SDIT Sunan Averroes ialah model tematik dan integrated. model pembelajaran ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat memberikan solusi untuk mempertemukan kembali antara ilmu pengetahuan agama (PAI) dan ilmu pengetahuan umum. sehingga ilmu pengetahuan serta wawasan yang didapatkan oleh peserta didik-pun bersifat integral dan seimbang. (2), metode yang digunakan dalam pembelajaran di SDIT Sunan Averroes yaitu metode informatif, konfirmatif, korektif, induktifikasi, verifikasi, dan demonstrasi. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga