Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NOVIANTI AYU GUPITA, NIM. 07410249
Subject
Pendidikan Agama Islam
Datestamp
2014-03-12 06:02:50
Abstract :
NOVIANTI AYU GUPITA. Upaya Guru PAI dalam Menghadapi
Pengaruh Media Televisi terhadap Akhlak Peserta Didik di SD Seropan Bantul.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011.
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak-anak idealnya menonton
televisi selama dua jam dengan didampingi orang tua. Namun kenyataannya ada
banyak anak yang melakukan kegiatan menonton televisi selama lebih dari dua
jam tanpa pendampingan orang tua. Padahal tayangan televisi saat ini banyak
yang isi materinya tidak mendidik, mengandung unsur percintaan, kekerasan dan
mistik. Apabila tayangan tersebut ditonton oleh anak-anak lebih dari dua jam
dalam sehari, lama-lama akan tertanam lekat dalam diri anak nilai-nilai akhlak
tercela. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa pengaruh
media televisi terhdap akhlak peserta didik dan apa upaya guru PAI dalam
menghadapi pengaruh media televisi terhadap akhlak peserta didik di SD Seropan
Bantul. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis
tentang pengaruh media televisi terhadap akhlak peserta didik serta upaya yang
dilakukan oleh guru PAI dalam menghadapi pengaruh tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD
Seropan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan terlibat,
interview atau wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari
makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
mengadakan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) bahwa televisi memberikan
pengaruh yang buruk pada akhlak peserta didik seperti kurang menghargai waktu,
rasa tanggung jawab yang rendah, rendahnya sopan santun, suburnya sifat
sombong atau takabur, mudah terperosok pada hal-hal yang tidak perlu, senang
menggoda dan menyakiti makhluk lain, mudah melalaikan kewajiban pada Tuhan
Yang Maha Esa dan sulit mengendalikan diri ketika marah. 2) upaya yang
dilakukan guru PAI selaku pendidik diantaranya guru memberikan pendampingan
secara tidak langsung dan mengajak peserta didik untuk menelaah nilai-nilai yang
terkandung dalam tayangan televisi, bekerjasama dengan orang tua untuk
mendampingi dan membimbing anak-anak ketika menonton televisi, menanamkan
nilai-nila akhlak secara konsisten pada peserta didik dan senantiasa menjadi
teladan bagi peserta didik.