Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
DESIANA INTAN PERTIWI, NIM . 08480010
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-18 02:09:32
Abstract :
Desiana Intan Pertiwi, ?Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam
Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa
Kelas IV B MIN Tempel Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012?. Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah dalam penelitian ni adalah kurangnya keaktifan
siswa kelas IV B MIN Tempel Yogyakarta dalam pembelajaran matematika,
karena guru masih menggunkan metode ceramah dan masih terpacu pada buku
teks sehingga guru masih mendominasi di kelas dan hampir tidak ada interaksi
antar siswa. Dengan kata lain disini siswa menjadi subjek pasif dalam mengikuti
apa yang disampaikan guru, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa
ada respon dari siswa untuk mengajukan pertanyaan.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah
keaktifan siswa kelas IV B sebelum menerapkan Pendekatan Matematika
Realistik dalam pembelajaran matematika di MIN Tempel Yogyakarta, (2)
Bagaimanakah pelaksanaan penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR)
dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV B MIN Tempel Yogyakarta,
(3) Apakah dengan penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat
meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV B
MIN Tempel Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV B MIN Tempel Yogyakarta yang berjumlah
31 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika
menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Penelitian Tindakan Kelas ini
terlaksanakan dalam 2 siklus yang mana pada tiap siklusnya terdiri dari 2
pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, lembar angket keaktifan siswa,
hasil wawancara dengan siswa dan guru, hasil evaluasi belajar siswa, serta
dokumentasi.
Hasil penelitiannya adalah: (1) Keaktifan siswa sebelum menerapkan
Pendekatan Matematika Realistik belum maksimal dengan kategori tinggi dengan
perolehan persentase sebesar 79,71% serta hasil evaluasi belajar dengan nilai ratarata
74,19 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 70,97%. (2) Langkah-langkah
penerapan Pendekatan Matematika Realistik adalah: a) persiapan, b) menentukan
kelompok belajar, c) pendahuluan materi oleh guru, d) proses pembelajaran:
diskusi kelompok, pembahasan hasil diskusi, pemberian reward, e) penutup. (3)
Keaktifan siswa meningkat dengan kriteria sangat tinggi dengan perolehan
persentase rata-rata tiap siklusnya yaitu pada siklus I sebesar 81,86%, dan pada
siklus II sebesar 84,33% serta hasil evaluasi belajar dengan nilai rata-rata pada
siklus I sebesar 82,23 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 74,19%, dan pada
siklus II nilai rata-rata sebesar 90,65 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 90,32%.