Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NOVITA DESTI ARISANDI GULTOM, NIM. 08420107
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-12 02:08:00
Abstract :
Novita Desti Arisandi. Penerapan strategi giving questions and getting
answers dalam meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran bahasa Arab
kelas VIII C MTs Negeri Godean Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Peneliti menemukan masalah bahwasanya masih banyak peserta didik di
kelas VIII C MTs Negeri Godean yang nilai bahasa Arabnya dibawah KKM.
KKM bahasa Arab di Madrasah ini yaitu dengan nilai 70.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa
Arab dengan strategi giving questions and getting answers dapat meningkatkan
prestasi belajar peserta didik kelas VIII C di MTs Negeri Godean.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu pengawasan terhadap
kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi
dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus terhadap
36 peserta didik. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan),
act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi giving
questions and getting answers dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab di
kelas VIII C MTs Negeri Godean, Yogyakarta. Hal ini terbukti pada siklus satu
nilai pre-test 40,56 dan nilai pos test 64,17, pada siklus dua nilai pre-test 52,50
dan pos-test 76,39, dan pada siklus tiga nilai pre-test 54,44 dan pos-test 80,81.
Strategi ini adalah strategi untuk melibatkan seluruh peserta didik dalam
meninjau ulang materi yang sudah dipelajari di akhir pelajaran. Pada strategi ini
setiap peserta didik mendapatkan masing-masing dua kartu yang berbeda warna.
Masing-masing peserta didik menuliskan pada kertas satu tentang apa yang belum
mereka pahami, dan pada kertas dua tentang apa yang belum mereka pahami.