Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NUR AINI MUZAKKIYAH, NIM. 08420065
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-12 02:35:05
Abstract :
NUR AINI MUZAKKIYAH. Penggunaan Metode Imla untuk Peningkatan
Maharah al-Kitabah Siswa Kelas VII MTs Negeri Lab UIN Yogyakarta.Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil
belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan
metode imla. Diasumsikan ada perbedaan yang signifikan, sebagaimana
dirumuskan dalam hipotesis penelitian bahwa ada perbedaan yang signifikan
antara peningkatan kemahiran kitabah bagi kelas yang diberi treatment dan kelas
yang tidak diberi treatment dengan menggunakan metode imla. Sampel yang
diambil oleh peneliti berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode eksperimen,observasi, interview, dokumentasi, tes dan
angket.
Berdasarkan perhitungan dari hasil belajar materi kitabah siswa kelompok
eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode
imla,diperoleh nilai t sebesar ????. Angka ini lebih besar dari pada nilai t tabel
baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%
(1,98???>2,63). Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar materi kitabah siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah
diberikan treatment dengan menggunakan metode imla. Sedangkan perhitungan
dari hasil belajar materi kitabah siswa yang menggunakan metode imla dan siswa
yang tidak menggunakan metode imla, diperoleh t sebesar 5,02. Angka ini lebih
besar dari pada t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf
signifikansi 1% (2,00<5,02>2,65). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan
yang signifikan antara peningkatan kemahiran kitabah bagi kelas yang diberi
treatment (kelompok eksperimen) dan kelas yang tidak diberi treatment
(kelompok kontrol) dengan menggunakan metode imla.
Kesimpulannya adalah: 1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
siswa sebelum dan sesudah diberi treatment dengan menggunakan metode imla.
2) Ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemahiran kitabah bagi
kelas yang diberi treatment dan kelas yang tidak diberi treatment dengan
menggunakan metode imla.