Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
DIAN MUTIARASARI, NIM. 08470051
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-24 03:23:16
Abstract :
Dian Mutiarasari. Komparasi Pembelajaran PAI pada Kelas Rintisan
Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dengan Kelas Akselerasi di SMP N 5
Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran PAI di
SMP N 5 Yogyakarta serta untuk membandingkan proses pelaksanaan
pembelajaran PAI di kelas RSBI dan kelas akselerasi hingga dapat ditemukan
problematika didalamnya untuk kemudian diberikan solusi guna perbaikan
pembelajaran dalam rangka menciptakan efektifitas pembelajaran PAI pada kelas
RSBI dan kelas akselerasi di SMP N 5 Yogyakarta. Dan diharapkan hasilnya
dapat digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas output peserta didik
serta daya saing sekolah. Adanya penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya era
globalisasi yang menuntut masyarakat dan pemerintah untuk berlomba-lomba dan
bekerja sama untuk memperbaiki mutu pendidikan dengan penyelenggaraan
Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yang diharapkan dapat menciptakan
generasi muda yang dapat bersaing di pasar bebas. Disamping itu pemerintah juga
menyadari bahwa anak yang memiliki kelebihan khusus, yaitu mereka yang
memiliki kemampuan diatas rata-rata berhak mendapatkan wadah dan pelayanan
khusus guna mengembangkan bakat yang mereka miliki guna peningkatan dan
pengembangan kualitas diri untuk menghadapi tuntutan masa depan dengan
berbekal akhlak dan ilmu agama yang lurus.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research). Dan termasuk penelitian kualitatif deskriptif, penyajian data hasil
penelitiannya dipaparkan dalam bentuk uraian deskripsi. Sedangkan metode
pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, konsep
pembelajaran PAI di SMP N 5 Yogyakarta mengacu pada landasan dan tujuan
pembelajaran PAI serta penggunaan kurikulum KTSP dalam pembelajarannya.
Kedua, perbandingan yang paling jelas terlihat dalam proses pelaksanaan
pembelajaran PAI di kelas RSBI dan kelas Akselerasi adalah dalam hal waktu
pelaksanaan pembelajaran yang lebih pendek untuk kelas Akselerasi. Sedangkan
perbedaan lain dapat dilihat dari segi proses, metode dan evaluasi pembelajaran.
Proses pembelajaran PAI di kelas RSBI dalam rangka menyampaikan materi
dengan target mencetak lulusan yang bertaraf internasional, sedangkan proses
pembelajaran PAI pada kelas Akselerasi dalam rangka menyampaikan materi
dengan target materi yang relative banyak agar dapat disampaikan dengan waktu
yang relative pendek. Metode pembelajaran PAI pada kelas RSBI lebih
bervariasi, sedangkan metode pembelajaran untuk kelas Akselerasi tidak begitu
bervariasi. Evaluasi usai pembelajaran pada kelas RSBI untuk mengukur tingkat
pemahaman materi peserta didik dan seberapa berhasil guru dalam menyampaikan
materi, sedangkan evaluasi usai pembelajaran PAI pada kelas Akselerasi hanya
untuk memperoleh feedback dan sebagai pengulangan. Ketiga, problematika
dalam pembelajaran PAI pada kelas RSBI dan kelas Akselerasi serta solusinya
hampir sama, yang membedakan hanya pada masalah waktu.