Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
NUR FARIDAH, NIM. 08480018
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-19 07:43:58
Abstract :
NUR FARIDAH Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences (Kecerdasan
Majemuk) Howard Gardner dan Pengembangannya Pada Metode Pembelajaran
Untuk Siswa Usia Pendidikan Dasar. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,
2012.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep
multiple intelligences menurut Howard Gardner (2) untuk pengembangan multiple
intelligences tersebut pada pembelajaran berbasis multiple intelligences bagi siswa
usia pendidikan dasar.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khazanah keilmuan dan
memberikan kontribusi yang signifikan bagi upaya pengembangan multiple
intelligences anak usia dini, khususnya melalui metode pembelajaran pendidikan.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dengan
mengambil latar pemikiran Howard Gardner tentang multiple intelligences.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi.
Pendekatan metode penelitian adalah pendekatan psikologi, khususnya psikologi
perkembangan anak dan teori belajar humanistik. Analisis data dilakukan dengan
mencari dan memberi makna terhadap data-data yang berhasil dikumpulkan, dari
makna tersebut kemudian ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) setiap individu pada dasarnya memiliki banyak kecerdasan yang harus
dikembangkan sejak usia pendidikan dasar (minimal sejak usia pendidikan dasar).
Minimal ada sembilan kecerdasan yang dimiliki manusia, yaitu kecerdasan
linguistik, matematis-logis, ruang spasial, kinestetik badani, musikal,
interpersonal, intrapersonal, naturalis dan eksistensial. (2) Pengembangan multiple
intelligences pada metode pembelajaran pendidikan untuk siswa usia pendidikan
dasar membutuhkan kreativitas seorang guru (pendidik), baik dalam mengatur,
merencanakan, maupun menerapkan metode-metode tersebut.
Sedangkan ditinjau dari segi karakteristik perkembangan anak, maka
penerapan dan pengembangan pembelajaran berbasis multiple intelligences akan
berbeda. Dalam mengembangkan multiple intelligences (kecerdasan majemuk)
diperlukan kreativitas guru dalam penentuan/ penggunaan metode pembelajaran
yang berbasis multiple intelligences bagi siswa usia pendidikan dasar.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences